get app
inews
Aa Read Next : Bahaya Buah Mengkudu Jika Dikonsumsi secara Berlebihan

Waspada ! 4 Efek Samping Penderita Vertigo, Salah Satunya Tanda-Tanda Stroke

Senin, 29 Mei 2023 | 12:20 WIB
header img
Bahaya efek samping vertigo bagi kesehatan dan tubuh salah satunya tanda- tanda stroke. Foto : iNewsNganjuk.id / ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Vertigo merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Walaupun tidak berbahaya namun vertigo memiliki potensi resiko tersendiri. Penyakit ini tidak membahayakan jika hanya terjadi sesekali.

Namun tanpa disadari vertigo memiliki efek berbahaya bagi tubuh. Vertigo ini merupakan sensasi gerak dengan pandangan berputar- putar seolah gerak dengan sendirinya sehingga akan berakibat pusing dan kehilangan keseimbangan.

Vertigo ini tidak sama dengan sakit pusing biasa karena ada dua hal yang menjadi penyebab dari vertigo tersebut. Pertama adanya masalah pada telinga bagian dalam biasa disebut vertigo perifer. Sedangkan yang kedua disebabkan masalah pada otak, biasanya pada otak bagian belakang biasa disebut dengan vertigo sentral.

Efek samping dari vertigo ini yakni dapat berdampak bagi keselamatan tubuh. Efek samping berbahaya dari vertigo ini bergantung pada penyakit yang didasari.

Nah berikut efek samping berbahaya jika vertigo menyerang anda

1. Berbahaya untuk diri dan orang lain

Jika vertigo tiba-tiba menyerang disaat anda berkendara dapat menyebabkan kecelakaan. Karena sensasi pusing itu kita dapat kehilangan keseimbangan. Nah saat vertigo menyerang sebaiknya jangan berkendara untuk menghindari bahaya baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

2. Mengganggu pendengaran

Salah satu penyebab vertigo yakni labyrinthitis. Kondisi ini terjadi karena labirin Vestibular pada telinga dalam mengalami peradangan atau terinfeksi menyebabkan gangguan pengiriman informasi ke otak, terkait suara, posisi dan gerakan kepala.

Hal ini akan berakibat pada penderita menjadi sakit kepala, gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, dan tinnitus.

3. Tanda-tanda stroke

Efek lain dari vertigo ini yakni menjadi pertanda penyakit stroke ataupun masalah lain pada otak. Nah ini bisa terjadi jika terjadi gejala seperti kelemahan pada satu sisi tubuh, hingga penurunan kesadaran ini kemungkinan terjadi serangan stroke.

Vertigo jika disepelekan dapat menjadi tanda gangguan dari sistem saraf salah satunya stroke. Penyakit ini merupakan penyakit yang kritis dan membutuhkan penanganan segera jika tidak dapat menyebabkan kematian.

4. Cacat permanen

Jika dibiarkan vertigo juga dapat menyebabkan cacat secara permanen bahkan dapat membahayakan nyawa. Beberapa efek samping yang dapat berbahaya bagi tubuh yakni memiliki penglihatan ganda, kesulitan berbicara, mati rasa pada wajah, kacanggungan hingga terjatuh.

Yang perlu diketahui penyakit vertigo ini bukanlah penyakit yang berbahaya, melainkan kondisi tubuh yang mengalami gejala dari beberapa penyakit yang dialaminya. Akan tetapi kita juga harus waspada dengan efek sampingnya.

Vertigo juga dapat diobati untuk mengurangi efek sampingnya. Untuk penderita vertigo ini dapat dilakukan perawatan dengan cara berbaring diam diruangan yang gelap dan sunyi untuk meredakan rasa mual yang dialami.

Penderita vertigo harus menghindari stres akibat faktor kecemasan. Namun, jika efek sampingnya masih parah, penderita dapat meminum obat dan periksa kedokter untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut