get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

5 Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan Tubuh serta Efek Samping yang Timbul

Rabu, 09 Agustus 2023 | 11:45 WIB
header img
Manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh serta efek yang dapat timbul dari konsumsi cuka apel. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Cuka apel telah lama dikenal sebagai bahan alami yang memiliki potensi manfaat kesehatan. Dibuat melalui fermentasi jus apel, cuka apel mengandung senyawa bioaktif seperti asam asetat, enzim, dan senyawa polifenol. Meskipun memiliki sejumlah manfaat, penting untuk memahami juga potensi efek sampingnya.

Berikut 5 Manfaat Cuka Apel untuk kesehatan tubuh :

1. Membantu Pencernaan 

Manfaat Cuka Apel yakni dapat membantu dalam mengatasi gangguan pencernaan. Asam asetat dalam cuka apel dapat membantu meningkatkan pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan dan asam lambung.

2. Mengelola Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cuka apel dapat membantu mengontrol nafsu makan, meskipun efek ini tidak signifikan pada semua orang.

3. Menurunkan Gula Darah 

Beberapa penelitian awal menyarankan bahwa cuka apel dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah, terutama setelah makan.

4. Efek Antioksidan 

Senyawa polifenol dalam cuka apel memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut