get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Terbaru: Kripik Bonggol Pisang dari Limbah Pisang

Polres Jombang Gelar Apel Pasukan Amankan Tradisi Satu Suro dan Suran Agung

Selasa, 18 Juli 2023 | 19:54 WIB
header img
Anggota perguruan silat saat mengikuti apel pasukan untuk amankan tradisi satu suro dan saran agung. Foto : iNewsNganjuk.id / Dok Polres

JOMBANG, iNewsNganjuk.id - Jelang 1 Muharram atau 1 suro tahun 2023, Polres Jombang melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan kegiatan masyarakat Suran Agung oleh perguruan silat, bertempat di lapangan Mapolres Jombang, Selasa ( 18/07/2023).

Apel Gelar pasukan ini dipimpin oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab didampingi Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi beserta Komandan Kodim 0841 Jombang Letkol Kav Devid Eko Junianto.

Mundjidah Wahab mengungkapkan, tradisi suroan dan Suran Agung merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kekayaan budaya serta sejarah masyarakat. Tradisi ini sudah diwariskan dari generasi ke generasi menjadi lambang kebersamaan dan kearifan.

" Tradisi suroan inilah yang mengingatkan kita akan pentingnya arti gotong royong dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan," ungkap Mundjidah.

Sedangkan Suran Agung ini menjadi refleksi dan penghormatan terhadap leluhur yang telah berjuang membangun dan menjaga keharmonisan. 

" Tradisi Suroan dan Suran agung terus di jaga dan dilestarikan oleh masyarakat hal ini menjadikan pemkab Jombang merasa bangga dan bersyukur. Hal ini menunjukkan berapa kokohnya akar budaya kita dalam menjaga dan melestarikan warisan leluhur," tambah Mundjidah.

Bupati Jombang menegaskan Pemerintah Kabupaten Jombang memiliki komitmen serta memberi dukungan yang diperlukan untuk memastikan kelanjutan dan kemajuan perguruan silat di Jombang.

" Karena aman itu mahal, maka diperlukan tanggung jawab bersama, semua harus ikut terlibat, ikut menjaga agar Jombang tetap aman dan nyaman," ungkap Mundjidah. 

AKBP Eko Bagus Riyadi, Kapolres Jombang memberikan apresiasi yang tinggi atas keterlibatan semua pihak dalam mengamankan wilayah hukum Polres Jombang. 

" Saya menghimbau khusus untuk pergerakan komunitas maupun pergerakan kelompok lain, agar ditiadakan dalam bentuk ranmor atau pengumpulan massa," Ungkap AKBP Eko.

Dalam kegiatan yang suci ini Polres Jombang mengajak masyarakat agar dapat menjaga tradisinya hingga nanti pada penerus Bangsa kita.

" Melalui olahraga seni beladiri pencak silat ini saya berharap dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan. Junjung tinggi nilai-nilai luhur yang diajarkan. Sebagaimana dengan prinsip pencak silat menjaga harkat martabat dan nama baik kehormatan perguruan," ungkap AKBP Eko.

Kapolres Jombang meminta agar semua  mematuhi semua ketentuan yang telah ditetapkan dan menjaga ketentraman serta ketertiban Kabupaten Jombang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Jombang, Ketua perguruan silat, pasukan gabungan TNI dan Polri, Satpol PP, Dinas perhubungan Kabupaten Jombang, Perwakilan dari anggota perguruan silat. 

 

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut