get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

8 Manfaat Kencur bagi Kesehatan, Nomor 6 Sering Dipraktekkan Orang Zaman Dulu

Selasa, 08 Agustus 2023 | 09:10 WIB
header img
Tumbuhan kencur herbal. Foto: iNewsNganjuk.id/Sherly.

4. Membantu melawan kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kencur memiliki potensi dalam melawan kanker. Kandungan senyawa aktif dalam kencur, seperti gingerol dan zingiberol, memiliki efek anti-kanker yang kuat dan dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

5. Mengurangi rasa sakit

Kencur dapat digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Konsumsi kencur dapat membantu meredakan sakit kepala, nyeri otot, dan kram perut. Selain itu, kencur juga dapat memberikan bantuan bagi penderita migrain yang mengalami mual.

6. Menyembuhkan luka

Kencur dapat digunakan sebagai obat luar untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat ini dikarenakan kencur memiliki sifat antiseptik dan menyehatkan kulit. Kencur dapat digunakan untuk mengobati luka kecil, sengatan serangga, dan mempercepat penyembuhan sariawan.

7. Menjaga kesehatan jantung

Komponen aktif dalam kencur, seperti gingerol, dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Zat ini dapat membantu meredakan tekanan darah tinggi, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

8. Mengurangi gejala kelelahan

Kencur dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi. Senyawa dalam kencur dapat merangsang sistem saraf dan meningkatkan produksi energi dalam tubuh.

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, penting untuk menggunakan dengan bijak dan tidak melebihi dosis yang dianjurkan. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kencur secara teratur.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut