get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Membuka Aura Wajah Menurut Islam, Kecantikan dari Dalam yang Memikat

Amalan yang Dapat Membantu Mempercepat Kehamilan, Jangan Stres Berlebihan!

Kamis, 24 Agustus 2023 | 11:00 WIB
header img
Amalan agar cepat hamil. Foto: iNewsNganjuk.id/Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,-Kehamilan adalah momen yang dinantikan oleh banyak pasangan yang ingin membentuk keluarga. Namun, bagi beberapa pasangan, proses untuk mendapatkan kehamilan bisa menjadi tantangan yang kompleks dan memerlukan kesabaran. Selain faktor medis, ada beberapa amalan dan tindakan yang dapat dilakukan untuk membantu mempercepat kehamilan

Meskipun tidak ada jaminan mutlak, mengamalkan langkah-langkah berikut ini dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan:

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan tubuh yang baik adalah dasar utama untuk meraih kehamilan. Pastikan Anda dan pasangan menjaga berat badan yang sehat, mengonsumsi makanan bergizi, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Hindari merokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang, karena semua faktor ini dapat mengganggu kesuburan.

2. Pemantauan Siklus Menstruasi

Memahami siklus menstruasi dapat membantu menentukan kapan waktu subur terjadi. Menghitung masa ovulasi, yaitu saat sel telur dilepaskan dari indung telur dan siap dibuahi, dapat membantu dalam merencanakan hubungan intim yang tepat untuk meningkatkan peluang kehamilan.

3. Hubungan Intim yang Teratur

Berhubungan intim secara teratur, terutama selama periode subur, dapat meningkatkan peluang kehamilan. Biasanya, periode subur terjadi sekitar pertengahan siklus menstruasi. Konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan untuk mengetahui kapan waktu subur Anda.

4. Mengurangi Stres

Stres yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesuburan. Coba praktikkan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau olahraga ringan untuk mengurangi tingkat stres. Pasangan juga bisa saling memberikan dukungan emosional selama perjalanan ini.

5. Konsultasi dengan Dokter

Jika Anda dan pasangan telah mencoba untuk hamil tanpa hasil selama beberapa waktu, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk menilai kondisi kesehatan Anda dan pasangan, serta memberikan saran tentang langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kesuburan.

6. Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat melibatkan menghindari paparan bahan kimia berbahaya, membatasi konsumsi kafein, dan memastikan asupan nutrisi yang cukup. Suplemen asam folat juga dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin.

7. Tetap Positif dan Bersabar

Proses mencoba hamil bisa menantang secara emosional. Tetaplah positif dan berusaha untuk menjaga keseimbangan emosional. Bersabar adalah kunci, karena kehamilan mungkin tidak terjadi seketika itu juga.

Mendapatkan kehamilan adalah tujuan yang diinginkan oleh banyak pasangan. Sementara tidak ada jaminan mutlak bahwa amalan-amalan ini akan menghasilkan kehamilan, mengikuti langkah-langkah di atas dapat membantu meningkatkan peluang Anda. Penting untuk tetap mengutamakan kesehatan dan keseimbangan dalam perjalanan menuju kehamilan, dan jika diperlukan, selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan nasihat medis yang tepat.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut