get app
inews
Aa Read Next : Simak dan Ketahui 10 Tips Mengatasi Badan Lemas

8 Tips Turunkan Kolesterol Jahat, Lakukan Agar Jantung Tetap Sehat

Selasa, 12 September 2023 | 18:20 WIB
header img
Tips untuk turunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh salah satunya yakni konsumsi makanan sehat. Foto : iNewsNganjuk.id / ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Kolesterol adalah sebuah jenis lemak yang memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh. Lemak ini berkontribusi dalam produksi vitamin D, hormon tertentu, serta membantu dalam pencernaan lemak dengan menghasilkan asam empedu.

Kadar kolesterol yang terjaga dengan baik bermanfaat bagi kesehatan, karena membantu dalam pembentukan sel-sel baru yang mendukung fungsi normal tubuh anda.

Terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh, yaitu kolesterol berdensitas rendah (LDL) dan kolesterol berdensitas tinggi (HDL). Kolesterol LDL sering disebut sebagai "kolesterol jahat," karena jika melebihi batas normalnya, dapat membahayakan kesehatan dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, terutama yang berhubungan dengan jantung.

Namun, Anda dapat mengambil langkah-langkah alami untuk mengendalikan dan menurunkan kadar kolesterol LDL Anda tanpa obat-obatan.

Berikut beberapa tips turunkan kolesterol jahat:

1. Makan Makanan Sehat 

Konsumsi lebih banyak serat:
Makan makanan tinggi serat seperti oatmeal, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.

Pilih lemak sehat:
Gantilah lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, seperti minyak zaitun, alpukat, dan ikan berlemak.

Batasi asupan lemak trans:
Hindari makanan yang mengandung lemak trans, seperti makanan cepat saji dan makanan olahan.

2. Aktivitas Fisik 

Lakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda secara teratur. Ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan LDL.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut