get app
inews
Aa Read Next : Bolehkah Melipat Baju dan Celana saat Sholat? Yuk Simak ini Hukumnya

Ketahui Waktu yang Tepat untuk Melaksanakan Sholat Witir

Senin, 09 Oktober 2023 | 09:48 WIB
header img
Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat witir. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, -Sholat witir adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam. Ibadah ini memiliki nilai yang sangat penting dalam meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu aspek penting dalam melaksanakan sholat witir adalah mengetahui waktu yang tepat untuk melaksanakannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat witir.

1. Setelah Sholat Isya

Waktu yang paling tepat untuk melaksanakan sholat witir adalah setelah menyelesaikan sholat isya. Sholat isya adalah sholat lima waktu terakhir dalam sehari, dan setelahnya adalah waktu yang ideal untuk melaksanakan sholat witir. Dalam banyak hadis, Rasulullah SAW melakukan witir setelah sholat isya, dan ini menjadi tuntunan yang kuat bagi umat Islam.

2. Sebelum Sholat Sunnah Tahajud

Bagi mereka yang berencana untuk melaksanakan sholat sunnah tahajud, sholat witir dapat dilakukan sebelum sholat sunnah ini. Namun, ini bersifat opsional dan tidak wajib. Anda dapat memilih untuk melaksanakan witir setelah isya atau sebelum tahajud, tergantung pada preferensi pribadi anda.

3. Kesempatan Sepanjang Malam

Meskipun waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan sholat witir adalah setelah isya, anda memiliki kesempatan sepanjang malam untuk melaksanakannya. Jika anda terlewatkan setelah isya, anda masih bisa melaksanakan witir sebelum waktu sholat subuh dimulai.

Hadist tentang sholat witir: 

1. Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al-Khudri mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

عن أبي نضرة عن أبي سعيد المذربي أن النبي صلى الله عليه وسلم قال أونروا قبل أن تصبحوا

“Shalat witirlah kalian sebelum tiba waktu subuh,” (HR Muslim)”

2. Ibu Umar meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

احصلوا أم صلاتك من القيل وتراً

“Jadikanlah akhir shalatmu di malam hari dengan melakukan sholat witir.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam kesimpulan, waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat witir adalah setelah sholat isya, sebelum sholat sunnah tahajud (jika anda berencana melaksanakannya), dan dalam jumlah rakaat ganjil. Ingatlah bahwa sholat witir adalah ibadah yang dianjurkan, dan melaksanakannya dengan penuh khusyu adalah kunci utama. Semoga artikel ini membantu anda memahami waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat witir dan menjalankan ibadah dengan lebih baik.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut