get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Ini 4 Teknik Penting Lempar Lembing yang Harus Dikuasai Atlet

Senin, 09 Oktober 2023 | 17:03 WIB
header img
Teknik lempar lembing yang harus dikuasai oleh para atlet. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUKiNewsNganjuk.id - Lempar lembing, atau javelin throw adalah salah satu cabang olahraga atletik yang melibatkan lemparan. Dalam olahraga ini, seorang atlet menggunakan alat yang disebut lembing, sebuah alat yang mirip dengan tombak yang lebih kecil dan ringan dengan sudut tajam di salah satu ujungnya.

Tujuan dari lempar lembing adalah untuk mencapai jarak lempar yang maksimal. Dua faktor utama yang berperan penting dalam keberhasilan lempar lembing ini adalah kecepatan saat berlari dan kekuatan dalam melempar lembing.

Selain memahami peraturan dasar, atlet yang ingin berhasil dalam lempar lembing perlu menguasai teknik dasar yang diperlukan untuk mencapai hasil lemparan terbaik. 

Empat Teknik Dasar yang Penting Bagi Atlet 

1. Teknik Memegang Lembing

Teknik ini terdiri dari tiga variasi, yaitu gaya Amerika, gaya Finlandia, dan gaya Tang.

Gaya Amerika
 
Gaya ini melibatkan memegang lembing dengan posisi jempol dan jari telunjuk melingkar di sekitar pegangan belakang lembing.

Gaya Finlandia

Gaya Finlandia melibatkan mengacungkan jari telunjuk dan menempelkannya di bagian belakang lembing, sementara ibu jari dan jari lainnya menggenggam pegangan.

Gaya Tang
 
Gaya Tang, juga dikenal sebagai teknik jepitan, melibatkan menjepit jari telunjuk dan jari tengah di ujung pegangan lembing, sementara jari lainnya bersatu di sekitar pegangan.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut