get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

6 Keutamaan Sholat Tasbih, Penyucian Hati hingga Memiliki Pohon Kurma di Surga

Rabu, 11 Oktober 2023 | 13:48 WIB
header img
Keutamaan sholat tasbih penyucian hati dan memiliki taman kurma di Surga. Foto : iNewsNganjuk.id / Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id- Sholat Tasbih adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sholat ini memiliki keutamaan tersendiri, dan terdapat berbagai hadist yang menjelaskan dalilnya. 

Sholat Tasbih adalah bentuk ibadah yang dilakukan oleh umat Islam sebagai sarana untuk memperoleh ampunan Allah SWT, mendekatkan diri kepada-Nya, dan meningkatkan ketaqwaan. 

Beberapa keutamaan dari Sholat Tasbih antara lain: 

1. Mendekatkan Diri Kepada Allah 

Sholat Tasbih adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam ibadah ini, seorang Muslim merenungkan kebesaran Allah dan memohon ampunan serta petunjuk-Nya.

2. Pengampunan Dosa

Melalui Sholat Tasbih, Allah SWT menjanjikan pengampunan dosa-dosa hamba-Nya. 

Dalam hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa melakukan Shalat Tasbih, Allah akan mengampuni dosa-dosanya, meskipun dosanya sebanyak buih di lautan."

3. Penyucian Hati

Sholat Tasbih membantu membersihkan hati dan jiwa seorang Muslim. Ia dapat merasa lebih damai dan tenang setelah melaksanakan ibadah ini.

4. Meningkatkan Ketaqwaan 

Dengan rutin melaksanakan Sholat Tasbih, seseorang dapat meningkatkan tingkat ketaqwaan dan kesadaran akan Allah dalam kehidupan sehari-hari.


5. Meningkatkan Keutaamaan Sholat Tasbih untuk pahala di Akhirat 

Manfaat dari sholat tasbih adalah meningkatkan keutamaan pahala di akhirat. Setiap ibadah yang kita lakukan akan dihisab di hari akhir nanti. Jika kita secara rutin melaksanakan sholat tasbih, hal ini akan mengakibatkan pemberatan timbangan amal baik kita.

Sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah, ada dua kalimat yang, meskipun ringan diucapkan, memiliki kemampuan untuk memberatkan timbangan amal baik dan dicintai oleh Allah Yang Maha Pengasih, yaitu "Subhanallahi wa bi hamdihi subhanallahil azhim" (HR. Bukhari dan Muslim).

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut