get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Sholat Dhuha, Pengertian dan Waktu Pelaksanaannya dalam Islam

Senin, 23 Oktober 2023 | 14:11 WIB
header img
Pengertian dan Waktu pelaksanaan sholat Dhuha. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam. Sholat ini dilakukan di waktu pagi setelah matahari naik beberapa derajat dari ufuk timur, tetapi sebelum waktu sholat Dzuhur dimulai. Waktu pelaksanaan sholat Dhuha dimulai setelah terbitnya matahari dan berakhir sebelum waktu Dzuhur.

Sholat Dhuha dapat dilakukan dalam jumlah rakaat yang bervariasi, seperti 2, 4, 6, 8, 10, atau 12 rakaat, yang bisa dibagi menjadi dua rakaat per satu. Pada setiap rakaat, biasanya dibaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya.

Sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Diantaranya, sholat ini dianggap sebagai cara untuk mendapatkan pahala, membersihkan hati, dan mendatangkan berkah dalam hidup. Sholat Dhuha juga dianggap sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah, terutama di tengah kesibukan sehari-hari.

Meskipun sholat Dhuha tidak wajib, melaksanakannya dianjurkan, dan banyak orang Muslim memilih untuk melaksanakannya sebagai bentuk ibadah tambahan di pagi hari.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut