get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Terbaru: Kripik Bonggol Pisang dari Limbah Pisang

Menghadapi Momen Hari Guru, Perajin Buket di Jombang Banjir Pesanan

Jum'at, 24 November 2023 | 09:58 WIB
header img
Perajin buket mengalami banjir pesanan. Foto: iNewsNganjuk.id/Sherly.

JOMBANG, iNewsNganjuk.id, - Hari Guru menjadi berkah bagi perajin buket di Jombang, terutama bagi Yosefa Maria Andra Widiastuti (39), yang telah menggeluti usaha pembuatan berbagai jenis buket selama 2 tahun di Jombang.

Andra warga Grand Erlangga Residence A.7, Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, mengalami lonjakan pesanan menjelang Hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2023. Pesanan meningkat hingga lima kali lipat dari hari-hari biasanya.

Bertemu di rumahnya, Yosefa Maria Andra Widiastuti terlihat sibuk menyelesaikan pesanan buket dari pelanggan. Puluhan buket sudah tertata rapi dan siap untuk dikirim.

Andra Widiastuti menjelaskan bahwa dalam peringatan Hari Guru, pesanan yang paling banyak adalah untuk guru perempuan diberikan hijab, sementara guru laki-laki diberikan buket snack atau buket bunga.

"Order pesanan ramai sejak tanggal 20 November kemarin sampai tanggal 25 November, dengan pesanan naik lima kali lipat," ungkapnya.

Andra menyatakan bahwa pesanan buketnya kebanyakan terjadi pada hari-hari besar seperti Hari Ibu, Hari Guru, momen wisuda, dan perpisahan sekolah untuk diberikan kepada guru.

"Buket biasanya banyak dicari pelanggan pada momen-momen tertentu. Pada momen spesial seperti itu, saya bisa mengerjakan ratusan pesanan dalam sehari, dengan harga mulai dari Rp25.000 untuk buket mini bagi pelajar, hingga ratusan hingga jutaan tergantung pemesanan," tambahnya pada Jumat (24/11/2023).

Andra menjelaskan bahwa dalam pengerjaan buket, ia dibantu oleh dua orang karyawan, dan jika pesanan banyak, mereka dapat mengerjakan hingga 80 buket per hari.

"Kesulitan utama adalah bahan baku karena kita beli secara online. Misalnya, kertasnya kita harus beli di Jombang, tetapi harganya mahal. Jadi lebih untung kalau beli lewat online," jelasnya.

Andra menambahkan bahwa pemasaran dilakukan secara online melalui akun Instagramnya, yaitu @wapart_hampersjombang, yang menawarkan berbagai katalog produk kepada pelanggan.

"Pada momen wisuda, pesanannya banyak untuk buket uang, buket coklat, dan buket boneka. Boneka disesuaikan dengan karakter, misalnya untuk bidan, akan dihiasi sesuai profesi bidan," terangnya.

Andra menuturkan bahwa harga buket wisuda mulai dari Rp90.000, sementara untuk buket coklat tergantung pada isian coklatnya. Untuk buket bunga dan uang, hitungannya dilakukan per lembar uang.

"Jadi bukan berapa nominal uang yang dimasukkan di buket, melainkan berapa banyak uang yang dipasang di dalamnya. Pemasaran buket paling jauh mencakup Surabaya dan Jombang," pungkasnya.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut