get app
inews
Aa Read Next : 9 Fakta Unik yang Membuat Indonesia Bersinar di Panggung Dunia

7 Tradisi dan Perayaan Isra' Mi'raj, Kekayaan Budaya dan Spiritualitas Umat Muslim di Indonesia

Jum'at, 02 Februari 2024 | 09:06 WIB
header img
Tradisi Rejeban Peksi Buraq salah satu tradisi perayaan isra' mi'raj di Indonesia. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id- Dalam peristiwa Isra' Mi'raj, Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjid al-Aqsha dalam satu malam. Dalam pertemuan langit, beliau bertemu dengan Allah SWT. 

Firman-Nya dalam Al-Qur'an menyatakan, "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui," (Q.S. al-Isra: 1).

Peristiwa Isra' Mi'raj telah mengalami pergeseran dari sekadar kejadian menjadi ritual dan peringatan yang dihargai. Menyadari pentingnya peristiwa ini, umat Muslim di seluruh dunia pada tahun ini merayakan perjalanan Nabi Muhammad pada Selasa, (08/02/2024), mengingat perintah sholat lima waktu yang diterimanya.

Saat ini, perayaan Isra' Mi'raj menjadi semakin berwarna dengan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh umat Muslim di Indonesia, meskipun tidak sebesar perayaan Idul Fitri atau Idul Adha.

Ingin tahu lebih lanjut? Apa saja bentuk perayaan atau tradisi yang dilakukan umat Muslim di Indonesia? Berikut rincian beberapa di antaranya:

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut