get app
inews
Aa Read Next : Keutamaan dan Tata Cara Mengamalkan Surat Yusuf Ayat 4 agar Wajah Berseri

Keutamaan Menghafal Al-Quran

Kamis, 11 Juli 2024 | 19:23 WIB
header img
Keutamaan menghafal Al-Quran. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,-Menghafal Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang sangat mulia dalam Islam. Selain menjadi bentuk kecintaan kepada Kitab Suci, menghafal Al-Quran juga memiliki banyak keutamaan yang dijanjikan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Berikut adalah beberapa keutamaan menghafal Al-Quran beserta sumbernya:

1. Kedudukan yang Tinggi di Sisi Allah

Orang yang menghafal Al-Quran akan diberikan kedudukan yang tinggi di sisi Allah. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah mengangkat derajat suatu kaum dengan Al-Quran dan merendahkan yang lain dengannya." (HR. Muslim)

2. Menjadi Keluarga Allah

Penghafal Al-Quran dianggap sebagai keluarga Allah. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah memiliki keluarga dari kalangan manusia." Para sahabat bertanya, "Siapakah mereka wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Mereka adalah Ahlul Quran, keluarga Allah dan orang-orang istimewa-Nya." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

3. Pemberi Syafaat di Hari Kiamat

Al-Quran akan menjadi pemberi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

"Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi para pembacanya." (HR. Muslim)

4. Pahala yang Berlipat Ganda

Setiap huruf yang dibaca dari Al-Quran akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Quran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan 'Alif Lam Mim' satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf." (HR. Tirmidzi)

5. Mahkota Kehormatan bagi Orang Tua

Orang tua dari penghafal Al-Quran akan diberikan mahkota kehormatan pada hari kiamat. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka pada hari kiamat kedua orang tuanya akan diberi mahkota yang cahayanya lebih indah daripada cahaya matahari yang menerangi rumah-rumah di dunia. Maka bagaimana menurut kalian tentang orang yang mengamalkannya?" (HR. Ahmad)

Menghafal Al-Quran bukan hanya memberikan keberkahan dan pahala yang besar di dunia, tetapi juga memberikan keutamaan dan kemuliaan di akhirat. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, sangat dianjurkan untuk selalu berusaha mendekatkan diri kepada Al-Quran, baik dengan membacanya, memahaminya, menghafalnya, maupun mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut