get app
inews
Aa Read Next : Hukum Berhubungan Suami Istri di Bulan Ramadhan, Pandangan Agama Islam pada Siang dan Malam

Umrah di Bulan Ramadhan, Keutamaan dan Maknanya dalam Islam

Sabtu, 09 Maret 2024 | 09:36 WIB
header img
Keutamaan umrah di bulan Ramadhan. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Umrah, ibadah ziarah ke Baitullah di Mekah, adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ketika dilakukan di bulan Ramadhan, ibadah ini memiliki keutamaan dan nilai yang lebih besar. Bahkan umrah di bulan Ramadhan seperti haji bersama nabi. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

‎فَإِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فَاعْتَمِرِي ، فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً مَعِي

“Apabila datang bulan Ramadan, lakukanlah umrah, karena umrah di bulan Ramadhan senilai haji bersamaku.“ (HR. Bukhari dan Muslim).

Berikut adalah 6 keutamaan melakukan umrah di bulan Ramadhan:

1.Menggandakan Pahala

Di bulan Ramadhan, pahala ibadah dilipatgandakan. Melakukan umrah di bulan yang penuh berkah ini memperoleh ganjaran yang jauh lebih besar daripada umrah dilakukan di waktu lain.

2.Berada di Tempat Suci

Mekah adalah tempat yang penuh keberkahan bagi umat Islam. Berada di sana selama bulan Ramadhan memberikan kesempatan untuk merasakan aura spiritual yang kuat dan meningkatkan kebersihan jiwa.

3.Memperbaiki Hubungan Dengan Allah

Bulan Ramadhan adalah waktu yang diberkati untuk mendekatkan diri kepada Allah. Melakukan umrah di bulan ini adalah kesempatan untuk memperbaiki hubungan spiritual dengan Sang Pencipta dan memperoleh ampunan-Nya.

4.Memperoleh Kesejukan Hati

Melakukan umrah di bulan Ramadan memberikan kesejukan hati yang tak tergantikan. Ini adalah kesempatan untuk merenungkan makna ibadah, memperbaiki diri, dan menenangkan jiwa dalam keramaian ibadah di Masjidil Haram.

5.Menyatu dengan Jutaan Muslim

Bulan Ramadhan adalah waktu di mana jutaan Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Mekah. Melakukan umrah di bulan ini memberikan kesempatan untuk menyatu dengan komunitas umat Islam, merasakan kebersamaan, dan meningkatkan rasa persaudaraan.

6.Menghidupkan Tradisi Rasulullah

Rasulullah SAW sendiri melakukan umrah di bulan Ramadhan. Dengan mengikuti jejak beliau, umrah di bulan ini menjadi lebih bermakna dan memberikan inspirasi untuk mengikuti sunnah Nabi.

Melakukan umrah di bulan Ramadhan bukan hanya sekadar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual yang mendalam. Dengan memanfaatkan kesempatan ini, umat Islam dapat mendekatkan diri kepada Allah, membersihkan jiwa, dan memperoleh berkah yang melimpah dalam ibadah mereka.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut