get app
inews
Aa Read Next : Hukum Berhubungan Suami Istri di Bulan Ramadhan, Pandangan Agama Islam pada Siang dan Malam

Ketahui dan Simak Amalan Wanita Haid pada Malam Lailatul Qadar

Kamis, 28 Maret 2024 | 10:46 WIB
header img
Amalan bagi wanita haid saat malam lailatul qadar. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Haid merupakan kodrat alami bagi wanita dewasa yang kadang membuat mereka berhalangan untuk melakukan beberapa ibadah. Namun, di bulan Ramadhan, kesempatan untuk beribadah tetap ada, terutama di sepuluh malam terakhir, salah satunya adalah malam Lailatul Qadar. Bagaimanapun, meskipun sedang haid, wanita tetap dapat melakukan ibadah yang tetap diperbolehkan, agar dapat mendapatkan pahala yang berlimpah pada malam Lailatul Qadar.

1. Berdoa

Saat sedang haid, wanita tetap dianjurkan untuk berdoa. Dalam sebuah hadits, doa disebut sebagai otak dari ibadah, yang dapat dilakukan dengan bahasa apa saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, termasuk oleh wanita haid. Rasulullah SAW menyebutkan doa yang bagus untuk dibaca saat bertemu malam Lailatul Qadar.

2. Mencari Ilmu

Wanita haid dapat memanfaatkan waktu mereka dengan mencari ilmu. Mencari ilmu dalam Islam dianggap sebagai ibadah yang sangat dianjurkan dan setara dengan jihad. Mencari ilmu dapat dilakukan melalui berbagai cara, baik secara otodidak dengan membaca buku atau kitab, maupun melalui bimbingan guru dengan mendatangi majelis-majelis ilmu.

3. Bersholawat

Meskipun sedang haid, wanita dapat melakukan sholawat pada malam Lailatul Qadar. Sholawat merupakan bentuk pujian bagi Rasulullah SAW yang merupakan manusia dengan akhlak paling mulia. Melafalkan sholawat dengan baik dan benar, terutama pada malam Lailatul Qadar, akan mendapatkan keutamaan dan pahala yang melimpah.

4. Berzikir

Berzikir adalah ibadah yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa zikir adalah tanda hidupnya hati. Wanita haid dapat melakukan berbagai jenis dzikir, seperti membaca lafal Laa Ilaaha Illallaah, Istighfar, Allahu Akbar, Hamdalah, dan Subhanallah.

Mengamalkan amalan-amalan di atas dengan penuh keikhlasan dan kecintaan kepada Allah SWT, meskipun sedang haid, akan memperoleh berkah dan pahala yang besar pada malam Lailatul Qadar. Dengan demikian, wanita haid pun dapat meraih manfaat spiritual yang sama dengan yang diraih oleh orang-orang yang tidak sedang haid pada malam yang mulia ini.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut