get app
inews
Aa Read Next : Hukum Marah saat Berpuasa, Perspektif Islam dan Relevansi Hadist

Yuk Ketahui dan Simak Keistimewaan 10 Hari Awal Bulan Ramadhan

Selasa, 19 Maret 2024 | 18:17 WIB
header img
Keutamaan 10 hari awalan puasa. Foto: iNewsNganjuk.id/Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Bulan Ramadhan adalah momen yang diisi dengan berkah bagi umat Islam, di mana mereka dapat mengumpulkan sebanyak mungkin pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Periode ini terdiri dari tiga fase yang berbeda: sepuluh hari pertama dipenuhi rahmat, sepuluh hari berikutnya dipenuhi ampunan, dan sepuluh hari terakhir dijauhkan dari neraka.

Rasulullah SAW menjelaskan dalam hadis bahwa awal Ramadhan adalah waktu rahmat, pertengahannya adalah waktu ampunan, dan akhirnya adalah waktu terbebas dari neraka (HR. Al-Baihaqi). Di 10 hari pertama bulan Ramadhan, ada beberapa amalan yang dianjurkan bersama dengan keistimewaan yang menyertainya:

1.Terbukanya Pintu Rahmat

Umat Islam dihimbau untuk berlomba-lomba dalam melakukan ibadah dan amal kebaikan, karena di 10 hari awal bulan Ramadhan, pintu rahmat Allah terbuka luas. Setiap kebaikan yang dilakukan akan diberi ganjaran yang berlipat.

2.Waktu yang Tepat untuk Berdoa

Ada waktu-waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa, seperti saat azan berkumandang, waktu berpuasa, sahur, dan malam Lailatul Qadr. 10 hari pertama bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat baik untuk memohon kepada Allah SWT.

3.Pintu Ampunan Terbuka

Salah satu keistimewaan lainnya adalah terbukanya pintu ampunan Allah SWT. Karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan soleh dengan niat mendapatkan pahala dan ampunan. Rasulullah SAW menyatakan bahwa orang yang berpuasa Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR. Bukhari dan Muslim).

4.Berkah dan Keberuntungan

Mereka yang berpuasa di 10 hari pertama bulan Ramadhan akan mendapat berkah dan keberuntungan. Mereka juga akan senantiasa dilindungi oleh Allah SWT serta selalu mendapatkan petunjuk-Nya.

5.Pahala Berlipat saat Membaca Al-Qur'an

Al-Qur'an diturunkan di bulan Ramadhan sebagai petunjuk bagi manusia. Oleh karena itu, siapa pun yang membaca Al-Qur'an pada 10 hari pertama bulan Ramadhan akan mendapat pahala yang berlipat.

Dengan memahami keistimewaan dan amalan yang dianjurkan selama 10 hari pertama bulan Ramadhan, umat Islam dapat mendapat manfaat spiritual yang besar dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan lebih baik.u

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut