Kebakaran Hutan Arjuno, Gubernur Khofifah Pimpin Operasi Pemadaman dari Udara

Panji Lanang
Gubernur Khofifah memimpin water bombing kebakaran hutan Arjuno dari helikopter, Sabtu (2/9/2023). Foto: iNewsNganjuk.id/Dok Pemprov.

PASURUAN, iNewsNganjuk.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin langsung operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Gunung Arjuno melalui udara, dengan teknik water bombing, Sabtu sore (2/9/2023).

Secara langsung, Khofifah melakukan pemantauan udara kondisi terkini karhutla di Gunung Arjuno yang masuk dalam kawasan taman hutan raya (Tahura) R Soeryo tersebut. Tampak bahwa beberapa kawasan memang masih terdapat titik kobaran api khususnya di Bukit Budug Asu, Kecamatan Singosari dan bahkan merembet ke arah Kabupaten Pasuruan.

Untuk itu, Pemprov Jatim telah berkoordinasi dengan BNPB untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan teknik water bombing. Ini karena api yang merembet ke wilayah Kabupaten Pasuruan tersebut hingga sore hari ini tercatat telah meluas hingga 1.200 ha dan terpantau belum bisa dipadamkan seutuhnya.

"Jadi selama perjalanan kunker kemarin saya terus koordinasi di grup Jatim Tangguh terkait kondisi karhutla di Arjuno ini. Kami telah berkoordinasi dengan BNPB untuk meminta bantuan helikopter. Alhamdulillah hari ini bantuan Helikopter dari BNPB sudah mulai beroperasi," terang Khofifah.

BNPB sudah melakukan observasi sejak tanggal 31 Agustus 2023 di titik-titik api yang muncul. Terutama di titik yang sulit untuk dilakukan pemadaman secara manual. 
 

Editor : Agus suprianto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network