Kerjasama dengan Bea Cukai, Satpol PP Kabupaten Nganjuk Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

Meita Nila Sari
Ketua Satpol PP Kabupaten Nganjuk saat memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan bebinkamtibnas yang hadir. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Pemerintah Kebupaten Nganjuk bersama dengan Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) menggelar sosialisai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang Cukai hasil tembakau Kegiatan dilaksanakan di pendopo Kecamatan Patianrowo, Senin (16/10/2023).

Kegiatan sosialisasi ini bekerja sama dengan bea dan cukai Kota Kediri dibuka oleh sekda kabupaten Nganjuk Nur Solekan dan diikuti oleh puluhan peserta yang hadir.

Sekda Kabupaten Nganjuk dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari sosialisasi ini untuk mengajak masyarakat ikut serta dalam mencegah peredaran rokok ilegal. Sehingga perlu adanya pemahaman dasar terkait dengan peredaran rokok Ilegal ini.

" Hal ini yang perlu disampaikan dan disosialisasikan kepada masyarakat agar tidak ada kerugian uang Negara, terkait dengan peredaran rokok Ilegal yang harus kita setop," ungkap Nur Solekan.

Nur Solekan berharap kepada seluruh masyarakat agar berperan aktif dalam pencegahan peredaran Rokok Ilegal. Karena  dana DBHCHT merupakan dana bagi hasil yang diberikan pemerintah pusat ke pada Pemda. Salah satu peruntukannya digunakan untuk sosialisasi rokok Ilegal.

Sujito kabid penegak perda menyampaikan kegiatan sosialisasi perundang- undangan di bidang Cukai hasil tembakau ini sudah dilaksanakan lima kali. Tujuan diadakannya sosialisasi ini yakni mengenalkan kepada perundang- undangan kepada masyarakat terkait cukai.

"Para masyarakat dari linmas, babinkamtibmas dan pedagang kelontong agar mengetahui ciri-ciri dari rokok ilegal. Dengan adanya sosialisasi ini pedagang kelontong kan lebih tahu dan tidak menerima barang ilegalnya utamanya rokok ilegal," ungkap Sujito.

Sujito berharap degan adanya sosialisasi ini bisa menekan peredaran rokok ilegal. Tentunya dengan ditekanya peredaran rokok ilegal ini bisa menaikan pendapatan dari hasil tembakau bisa kita tingkatkan.

" Kegiatan sosialisasi perundang-undangan di bidang Cukai hasil tembakau ini masih terus berlangsung. Masih ada 3 kegiatan lagi, Lengkong, Sukomoro dan jatikalen. Untukmu terkahir kita akan menggandeng unsur pemuda untuk bersatu bersama - sama gempur rokok ilegal," tutupnya.

Sementara perawatan dadi bea cukai Kediri Saiful Arifin menyatakan kegiatan ini merupakan penerima dana bagi hasil cukai dan tembakau salah satunya untuk kegiatan sosialisasi perundang-undangan di bidang Cukai hasil tembakau.

" Bea Cukai ini juga tim cyber yang bertugas untuk mengawasinya peredaran rokok secara online. Rokok ilegal disini memiliki lima ciri yakni tidak dilekati pita cukai, memakai pita rokok bekas, produk rokok memakai pita rokok palsu, salah peruntukan, Misalkan rokoknya SKM namun dilekati pita cukai SKT,.yang terakhir memakai pita cukai milik perusahaan lain," ungkapnya.

Harapannya untuk masyarakat walaupun harga rokok naik, tetap mengkonsumsi rokok resmi bukan rokok ilegal. Karena rokok oleh tidak membayar pungutan Negara dan tidak melalui tahap- tahap pengujian dan lebih merugikan untuk Pemerintah dan menganggu kesehatan masyarakat karena tidak melalui pengujian terlebih dahulu.



 

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network