4 Keutamaan Puasa Asyura Salah Satunya dapat Pengampunan Dosa

Meita Nila Sari
Keutamaan puasa Asyura salah satunya dapat pengampunan dosa. Foto : iNewsNganjuk.id/ Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, - Puasa Asyura adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram, bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Puasa ini memiliki beberapa keutamaan dalam tradisi Islam.

 

4 Keutamaan Puasa Asyura:

1. Pengampunan dosa 

Puasa Asyura diyakini dapat menghapus dosa-dosa kecil selama setahun sebelumnya. Hal ini didasarkan pada riwayat hadist tentang pengampunan dosa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad.

2. Sunnah yang dianjurkan 

Puasa Asyura adalah sunnah mu'akkadah, yang berarti sunnah yang sangat dianjurkan. Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat Islam untuk berpuasa pada hari ini.

3. Menyambut peristiwa sejarah 

Puasa Asyura juga terkait dengan peristiwa sejarah seperti penyelamatan Nabi Musa dan kaum Bani Israel dari Fir'aun, serta peristiwa pembukaan Kota Mekah oleh Nabi Muhammad.

4. Kesempatan untuk beribadah 

Puasa Asyura memberikan kesempatan kepada umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah, berintrospeksi, dan memperkuat keimanan.

Namun, penting untuk diingat bahwa puasa ini tidak wajib, tetapi sangat dianjurkan. Setiap orang yang berpuasa Asyura diharapkan mendapatkan berkah dan pahala dari Allah SWT.

Hadist tentang keutamaan puasa asyura

Dari Ibnu Abbas, ia berkata: "Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW begitu bersemangat untuk berpuasa pada suatu hari sebagaimana beliau bersemangat untuk berpuasa pada hari Asyura, dan aku pernah mendengar beliau bersabda, 'Puasa pada hari Asyura menghapus dosa satu tahun yang telah lalu.'" (HR. Muslim)

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network