Keutamaan Sedekah pada Hari Jumat, Dapat Pertolongan di Hari Kiamat

Meita Nila Sari
Keutamaan sedekah pada hari Jumat salah satunya dapat pertolongan di hari kiamat. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, - Sedekah pada hari Jumat dalam konteks Islam mengacu pada memberikan sumbangan atau bantuan kepada orang lain sebagai bentuk amal kebajikan. Praktik ini dianjurkan dan dianggap memiliki keutamaan tertentu pada hari Jumat, yang dianggap sebagai hari istimewa dalam Islam.

Sedekah pada hari Jumat diyakini membawa keberkahan dan pahala yang besar. Hal ini didasarkan pada hadis Rasulullah SAW yang menekankan keutamaan sedekah pada hari tersebut. Beberapa keutamaan tersebut termasuk penolong di hari kiamat, penghapus dosa, dan waktu yang istimewa untuk doa.

Dengan memberikan sedekah pada hari Jumat, umat Muslim diharapkan mendapatkan keberkahan dalam rezeki, membersihkan harta, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui amal kebajikan. Sedekah pada hari Jumat menjadi salah satu bentuk pengamalan nilai-nilai sosial dan spiritual dalam kehidupan seorang Muslim.

Keutamaan sedekah di hari Jumat dalam Islam didasarkan pada hadist-hadist yang menyebutkan keistimewaan hari tersebut.

Beberapa keutamaan sedekah di hari Jumat antara lain: 

1. Pertolongan di Hari Kiamat 

Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah pada hari Jumat akan menjadi penolong di hari kiamat." (HR. Tirmidzi)

2. Menghapus Dosa

Sedekah di hari Jumat dapat menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa memberi sedekah pada hari Jumat, padanya akan diberi balasan sebanyak seribu kali lipat.">

3. Doa yang Dikabulkan 

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya pada hari Jumat ada waktu yang tidak ada seorang muslim pun yang berdoa di dalamnya melainkan Allah akan memenuhi permintaannya." (HR. Bukhari)

Dengan memberikan sedekah di hari Jumat, umat Muslim diharapkan mendapatkan keberkahan dan pahala yang besar, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network