Pencegahan Polio, Sub Pekan Imunisasi Polio 2024 di Nganjuk untuk Perlindungan Anak-Anak

Meita Nila Sari
Pj Ketua Tim Penggerak PKK, Eka Haryati Taruna saat memberikan imunisasi polio kepada salah satu anak di Pace. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id- Pj Ketua Tim Penggerak PKK, Eka Haryati Taruna, hadir dalam kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Balai Desa Batembat, Kecamatan Pace. Program Sub PIN Polio ini merupakan respons pemerintah terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, (15/01/2024).

Implementasinya dilakukan secara bersamaan dalam dua putaran. Putaran pertama berlangsung pada 15-21 Januari 2024, sementara putaran kedua diselenggarakan pada 19-25 Februari 2024. Vaksin tetes ini disediakan secara gratis untuk anak-anak usia 0-7 tahun.

Ibu Pj Ketua TP PKK menyampaikan bahwa Sub PIN Polio Tahun 2024 adalah langkah pemerintah untuk melindungi anak-anak dari penularan penyakit polio yang kembali muncul di Indonesia. 

"Penyakit polio bisa berakibat fatal, seperti lumpuh layu dan kematian, terutama pada anak-anak di bawah usia 15 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak untuk memutus rantai penularan virus polio pada anak usia 0 hari hingga 8 tahun kurang satu hari. Akan dilakukan dalam dua putaran di Posyandu, TK, dan SD/MI di seluruh Kabupaten Nganjuk. Pastikan anak-anak di sekitar kita mendapatkan vaksin polio ini," ungkapnya.

Camat Pace, Noordian Putro Utomo, menjelaskan bahwa terdapat sekitar 7509 anak usia 0-7 tahun di Kecamatan Pace. "Kecamatan Pace memiliki 18 desa, dan dari jumlah tersebut, pelaksanaan Sub PIN Polio akan diselenggarakan di 93 Posyandu, 50 TK/RA, dan 44 SD/MI," paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Forkopimcam, Kepala Puskesmas, Kepala Desa, dan peserta yang akan divaksinasi turut hadir dalam acara tersebut. Ibu Pj Ketua TP PKK juga ikut serta memberikan tetes vaksin kepada anak-anak.

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network