9 Fakta Unik yang Membuat Indonesia Bersinar di Panggung Dunia

Meita Nila Sari
Candi Borobudur merupakan salah satu keunikan yang ada di Indonesia yang membuat Indonesia Mendunia. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id- Indonesia, dengan kekayaan budaya dan alamnya, menarik perhatian dunia. Selain terkenal dengan pantai tropis Bali, negara ini memikat melalui keanekaragaman makanan, kepercayaan, bahasa, geografi, iklim, dan struktur pulau yang unik. Keunikan Indonesia juga tercermin dalam beragam suku bangsa, membawa kebiasaan dan adat istiadat yang tak tertandingi di tempat lain. Sumber dari 12go.Asia dan The Smart Local merinci fakta dan keistimewaan yang menjadikan Indonesia terkenal di panggung dunia.

Berikut beberapa fakta unik di Indonesia yang mendunia

1. Pawang Hujan, Fenomena Unik di Indonesia 

Salah satu keunikan Indonesia yang mendunia adalah keberadaan pawang hujan, seorang dukun yang diyakini memiliki kemampuan untuk menghentikan atau menunda hujan. Pawang hujan, berasal dari tradisi budaya Jawa, memanfaatkan doa-doa dan bantuan nenek moyang mereka untuk mengendalikan alam.

Aktivitas pawang hujan seringkali terkait dengan dimensi spiritual. Dalam usahanya mengontrol cuaca, mereka menggunakan mantra dan objek-objek khusus, seperti minyak dan kelopak bunga sebagai persembahan kepada dewa atau nenek moyang. Rokok juga dapat menjadi bagian dari ritual ini, dihisap melalui pipa tradisional yang disebut cengklong.

Pawang hujan tidak hanya diminta bantuan dalam acara-acara luar ruangan seperti pernikahan, prosesi kematian, atau acara besar lainnya, tetapi juga sering diikutsertakan dalam acara olahraga seperti pertandingan sepak bola dan balap motor. Keberadaan pawang hujan mencerminkan hubungan yang erat antara budaya, spiritualitas, dan kehidupan sehari-hari di Indonesia.

2. Budaya Perdukunan, Keajaiban Gaib di Indonesia 

Keberagaman budaya di Indonesia mencakup berbagai adat istiadat suku yang kental. Salah satu aspek unik yang menarik perhatian adalah budaya perdukunan.

Dukun, dipercayai memiliki kekuatan gaib, sering dikenali melalui pakaian gelap atau batik, serta sorban melingkar di kepalanya. Praktik perdukunan ini memiliki akar dalam sistem kepercayaan kejawen di Jawa, yang mencerminkan keyakinan animisme dan pemujaan terhadap roh atau leluhur.

Masyarakat Indonesia sering menggunakan jasa dukun untuk berbagai keperluan, mulai dari pengobatan penyakit (selain tindakan medis) hingga pesugihan. Dalam melaksanakan praktiknya, dukun seringkali mengandalkan media roh dan ilmu hitam. Budaya perdukunan mencerminkan kepercayaan, warisan budaya, dan dimensi gaib yang tetap relevan dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia.

3. Mempesona dengan Candi Budha Terbesar di Dunia

Candi Borobudur, gemerlap warisan sejarah di Jawa Tengah, tak perlu diragukan lagi ketenarannya. Terutama di kalangan umat Budha, Borobudur telah menjadi destinasi wisata yang sangat terkenal di seluruh dunia.

Sejak tahun 1991, Candi Borobudur mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Tak hanya itu, Borobudur juga membanggakan Indonesia sebagai salah satu keajaiban dunia.

Didirikan pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra pada abad ke-9 Masehi, Candi Borobudur menampilkan 1.460 panel relief di dindingnya. Koleksi relief Buddha ini tidak hanya menjadi yang terbesar, tetapi juga yang paling lengkap di dunia.

4. Keanekaragaman Bahasa, Lebih dari 700 Dialek di Indonesia 

Bahasa Indonesia mungkin menjadi bahasa resmi dan persatuan di Indonesia, namun di balik itu, negara ini membanggakan keberagaman bahasa dengan lebih dari 700 dialek daerah, masing-masing membawa logat yang unik.

5. Tempat Tinggal Komodo, Keajaiban Terbesar di Dunia

Daya tarik global Indonesia mencakup menjadi rumah bagi kadal terbesar di dunia, yaitu komodo. Dengan panjang tubuh hingga 3 meter dan berat mencapai 70 kg, komodo merupakan spesies purba yang hampir punah, menjadikannya hewan langka.

Untuk melestarikan komodo, mereka dijaga di Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau-pulau kecil seperti Komodo, Padar, dan Rinca di pulau Sunda menjadi tempat di mana komodo bisa ditemukan. Taman Nasional Komodo telah lama menjadi destinasi favorit bagi turis, baik lokal maupun internasional.

6. Etika Penggunaan Tangan, Budaya Tangan Kanan

Adalah umum melihat orang Indonesia lebih sering menggunakan tangan kanan daripada tangan kiri, yang dianggap lebih baik dan sopan. Penggunaan tangan kiri dianggap kurang pantas, karena tradisi membersihkan diri setelah menggunakan toilet umumnya dilakukan dengan tangan kiri.

Sebagai hasilnya, dalam memberikan sesuatu atau berjabat tangan, orang Indonesia selalu memilih menggunakan tangan kanan. Budaya ini diajarkan oleh orang tua kepada anak-anak mereka, dan jika tangan kiri tidak sengaja digunakan, menambahkan kata 'maaf' dianggap sebagai tindakan sopan.

7. Bunga Raksasa Rafflesia Arnoldi, Keajaiban terbesar di Dunia 

Rafflesia Arnoldi, jenis bunga bangkai terbesar di dunia, meraih kebesarannya di tanah Indonesia, khususnya di hutan hujan. Bunga megah ini menampilkan kelopak merah pekat yang bisa mencapai berat 10 kg, tanpa akar, daun, atau tangkai.

Penemuan pertama Rafflesia Arnoldi tercatat pada tahun 1818 di hutan tropis Sumatera, ditemukan oleh Dr. Joseph Arnold dan Sir Thomas Stamford Raffles, yang juga memberikan nama pada bunga tersebut. Keunikan bunga ini terletak pada pertumbuhannya yang memakan waktu berbulan-bulan sebelum kuncupnya membuka, dan setelah itu, keindahannya hanya bertahan beberapa hari.

8. Tradisi Makan Unik, Liwetan Budaya Asli Jawa

Keberagaman adat istiadat di setiap suku bangsa Indonesia turut memengaruhi cara masyarakatnya dalam menyantap hidangan. Salah satunya adalah budaya makan tradisional Jawa, yang dikenal sebagai liwetan.

Liwetan merupakan ritual makan bersama, di mana hidangan disajikan dengan apik di atas daun pisang panjang. Menu liwetan biasanya melibatkan nasi liwet, tahu, tempe, sayur atau lalapan, dan sambal.

Peserta liwetan duduk lesehan di sekitar daun pisang yang membentuk lingkaran. Keunikan lainnya terletak pada penggunaan tangan sebagai alat makan, tanpa perlu alat makan lainnya.

Liwetan tidak hanya sekadar ritual makan, tetapi juga simbolis dalam menjamu tamu. Selain cara penyajian yang menarik, liwetan memiliki makna mendalam sebagai upaya mempererat persaudaraan antara keluarga dan tetangga.

9. Dunia Ajaib, Danua Vulkanik Terbesar di Indonesia 

Indonesia, sebagai rumah bagi fakta unik yang mengagumkan, terkenal sebagai tempat berdirinya danau vulkanik alami terbesar di dunia. Danau Toba, tersembunyi di dalam gunung berapi Sumatera Utara, menonjol sebagai danau vulkanik terbesar dengan kedalaman mencapai 500 meter, panjang 100 kilometer, dan lebar 30 kilometer.

Keberadaan Danau Toba dipercaya berasal dari letusan dahsyat sekitar 70.000 tahun yang lalu, yang juga dianggap sebagai letusan eksplosif terbesar yang pernah terjadi di Bumi.

Itulah beberapa fakta menarik dan unik yang membuat Indonesia dikenal di seluruh dunia. Kemungkinan masih banyak lagi hal-hal unik yang menjadi daya tarik Indonesia, baik di kalangan penduduk lokal maupun internasional.

 

 

 

 

 

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network