Memperoleh Berkah Malam Isra Miraj 2024, Doa, Amalan, dan Renungan Spiritual Umat Islam

Meita Nila Sari
Doa pada malam isra' dan mi'raj serta amalan yang dapat di lakukan untuk menambah pahala. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

Selain di atas juga dapat membaca surat Al Isra' berikut: 

Arab:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ، سُبْحَانَ الَّذِيْ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيْرُ

Artinya:

Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Penyayang. Maha Suci Allah yang telah mengangkat hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (Q.S. Al-Isra' 17:1)

 

Amalan Malam Isra' Mi'raj 

Malam Isra' Mi'raj adalah waktu istimewa dalam kalender Islam yang mengenang perjalanan spiritual Rasulullah Muhammad SAW dari Makkah ke Baitul Maqdis dan kemudian ke langit. Di malam ini, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan refleksi diri. 

Berikut beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk memperoleh manfaat spiritual dari momen bersejarah ini : 

1. Sholat Sunnah Malam Isra' Mi'raj 

Melakukan sholat sunnah malam merupakan amalan utama pada malam Isra' Mi'raj. Rasulullah SAW diberikan petunjuk untuk melaksanakan shalat ini sebagai ungkapan syukur dan penghormatan.

2. Membaca Surah Al Isra dan Al Mi'raj 

Membaca surah Al-Isra dan Al-Mi'raj adalah cara untuk merenungkan peristiwa penting yang terjadi dalam perjalanan Isra' Mi'raj. Memahami makna ayat-ayat tersebut dapat meningkatkan pemahaman kita tentang keagungan Allah.

3. Dzikir dan Doa

Malam Isra' Mi'raj adalah waktu yang tepat untuk berdzikir dan berdoa. Memperbanyak istighfar, tasbih, dan berdoa untuk kebaikan dunia dan akhirat merupakan amalan yang dianjurkan.

Editor : Meita Nila Sari

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network