Malam Nisfu Syaban 2024, Waktu, Doa, dan Tradisi Membaca Surat Yasin

Meita Nila Sari/ Net_Nganjuk
Doa yang dapat dipanjatkan pada malam Nisfu Syaban. Foto : iNewsNganjuk.id/ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id- Umat Islam telah memasuki bulan Syaban pada Minggu (11/02/2024) yang lalu. Banyak yang mungkin masih bertanya-tanya, kapan tepatnya jatuhnya Nisfu Syaban 2024? Syaban adalah bulan ke-delapan dalam kalender Hijriah yang memiliki banyak keistimewaan bagi umat Islam. Bulan ini datang tepat sebelum Ramadhan, bulan yang penuh dengan kemuliaan dan ibadah.

 

Salah satu momen yang paling dinantikan dalam bulan ini adalah kedatangan malam Nisfu Syaban, atau malam pertengahan bulan Syaban. Nisfu Syaban berlangsung pada tanggal 15 Syaban, sehingga malam Nisfu Syaban jatuh pada hari sebelumnya, yaitu pada 14 Syaban. Oleh karena itu, malam Nisfu Syaban 1445 H akan jatuh pada tanggal 14 Syaban yang dimulai pada saat matahari terbenam atau maghrib, bertepatan dengan tanggal 24 Februari 2024

 

Berikut adalah doa malam Nisfu Syaban dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

 

Doa dalam Bahasa Arab

 

   اللهم إني أسألك بأنك أنت الله الذي لا إله إلا أنت الرحمن الرحيم الذي لا يشقى منك الرحمن ولا يعطش إلا إليك الرحيم ولا يقوى على ذلك إلا بك

 

Doa dalam Bahasa Latin

 

Allahumma inni as'aluka bi-annaka anta Allah alladhi la ilaha illa anta ar-Rahman ar-Rahim alladhi la yashqa minhu ar-Rahman wa la yataqasha illa ilayka ar-Rahim wa la yaqwa 'ala dhalika illa bika.

 

 

Artinya : " Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu, karena sesungguhnya Engkau adalah Allah yang tiada Tuhan selain Engkau, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, tidak ada yang mampu memberikan rahmat selain dari-Mu, tidak ada yang mampu memberikan nikmat kecuali kepada-Mu. Yang Maha Penyayang, tidak ada yang mampu mencapai kenikmatan itu kecuali dengan-Mu."

 

Cara Baca Doa Nisfu Syaban

 

Membaca doa Nisfu Syaban lebih baik dilakukan mendekati waktu Magrib. Saat memulai doa, disarankan untuk membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Tiap kali membaca Surat Yasin memiliki makna tersendiri, yaitu:

 

- Yasin Pertama: Dimaksudkan agar diberikan umur yang panjang dengan harapan untuk taufik dalam ketaatan.

- Yasin Kedua: Dimaksudkan untuk terhindar dari bahaya dan penyakit serta mendapat kelapangan rejeki.

- Yasin Ketiga: Dimaksudkan untuk mendapat kelapangan hati dan akhir hidup yang baik.

 

Setelah selesai membaca surat Yasin, diikuti dengan doa Nisfu Syaban. Tradisi membaca surat Yasin tiga kali sering dilakukan oleh ulama, terutama di Indonesia.

 

Anjuran membaca surat Yasin 3 kali dijelaskan oleh Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas al-Maliki dalam kitab Ma Dza fi Sya'ban.

 

Dia menyatakan bahwa meskipun tidak ada larangan bagi orang yang menyertai amal salehnya dengan permohonan hajat agama dan dunia, baik jiwa maupun raga, fisik maupun batin. Barangsiapa membaca surat Yasin atau surat lainnya dengan tulus kepada Allah sambil memohon keberkahan pada umur, harta, dan kesehatan, itu tidak mengapa. Ini berarti dia telah mengambil jalur yang baik, dengan catatan bahwa dia tidak meyakini bahwa amal salehnya disyariatkan secara khusus untuk hajat tersebut. Wallahu a'lam.

 

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network