get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Simak Sejarah dan Keutamaan Nuzulul Qur'an, Malam Diturunkannya Alquran pada 17 Ramadhan

Selasa, 04 April 2023 | 16:15 WIB
header img
Dua orang wanita sedang membaca Al Qur'an pada malam Nuzulul Qur'an agar mendapatkan pahala dan keberkahan. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan. Pada bulan Ramadhan, terdapat salah satu peristiwa penting yang wajib kita tahu.

Dalam peristiwa tersebut sampai sekarang merupakan peristiwa yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim. Peristiwa itu yakni Nuzulul Qur'an.

Nuzulul Qur'an sendiri adalah peristiwa turunnya kitab suci Al Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW pada malam 17 Ramadhan. Bahkan peristiwa Nuzulul Qur'an dibuat kalender peringatannya sendiri agar dapat melaksanakan amalan sunnahnya.

Dalam penanggalan Masehi malam Nuzulul Qur'an atau malam 17 Ramadhan 1444 Hijriyah jatuh pada hari Jumat (07/04/2023). Karena 17 Ramadhan jatuh pada tanggal 08/04/2023.

Nah bagaimana sejarah dan keutamaan malam Nuzulul Qur'an ini ?

Sejarah Malam Nuzulul Qur'an

Malam Nuzulul Qur'an sering dikaitkan dengan malam Lailatul Qadar. Yakni merupakan malam penuh berkah dan ampunan.

Nuzulul Qur'an merupakan peristiwa turunnya Al Qur'an sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW.

Sejarah Nuzulul Qur'an bermula saat Nabi Muhammad SAW saat beliau berada di Gua Hira. Pada saat itu malaikat Jibril menghampiri Rasulullah untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT.

Peristiwa ini terjadi pada 17 Ramadhan, tepatnya saat Rasulullah SAW berumur 40 tahun. Malaikat Jibril menyampaikan surat Al Alaq ayat 1-5 kepada Rasulullah SAW.

Peristiwa inilah yang menjadi awal mula turunnya Al-Qur'an atau Nuzulul Qur'an. Ini juga merupakan suatu petunjuk yang mengisyaratkan bahwa turunnya Wahyu dan keNabian Muhammad semakin dekat.

Keutamaan Nuzulul Qur'an bulan Ramadhan

Malam Nuzulul Qur'an memiliki sejumlah keutamaan. Salah satu keutamaannya yaitu turunnya malaikat ke bumi sebagaimana dalam Al Qur'an surat Al Qadar ayat 4 yang bunyinya sebagai berikut:

Artinya : " pada malam itu turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan ijin Tuhannya untuk mengatur segala urusan."

Nuzulul Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan yaitu pada malam Lailatul Qadar. Maka siapa yang beribadah pada malam itu diampuni dosa-dosanya.

Bacalah Al-Qur'an pada malam Nuzulul Qur'an, agendakan waktu untuk merenungi maknanya. Agar kita semua mendapatkan pahala dan keberkahannya.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut