get app
inews
Aa Read Next : 8 Jenis Madu Asli Indonesia, Miliki Rasa dan Aroma yang Berbeda

Catat, Lakukan 6 Hal Ini saat Asam Lambung Naik

Rabu, 03 Mei 2023 | 11:39 WIB
header img
Seseorang saat mengalami asam lambung naik. Foto : iNewsNganjuk.id/ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id- Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) kondisi dimana asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi seperti ini dapat menimbulkan nyeri di ulu hati, serta gejala lainnya yang ada di dada dan perut.

Saat Gerd atau asam lambung tiba- tiba naik rasanya tidak nyaman sama sekali. Karena penderita akan merasakan panas bagian dada, sakit di ulu hati, mual, sering sendawa, pahit di lidah inilah yang membuat penderitanya tidak nyaman.

Jika asam lambung atau Gerd naik dan gejalanya tidak terlalu parah dapat anda atasi dengan pertolongan pertama berikut:

1. Minum air hangat

Karena air hangat dapat mengencerkan gejala asam lambung. Dengan meminum air hangat dapat membunuh bakteri atau virus berbahaya yang ada dalam lambung sehingga tubuh terlindungi dari bakteri.

Pada saat asam lambung naik minum lah air hangat untuk memecah, mencerna, dan menyerap zat gizi dalam makanan.
 

2. Jangan makan saat Gerd kambuh

Karena apabila kita makan saat Gerd kambuh akan dapat membuat sistem pencernaan stres dan akan tambah menyebabkan naiknya asam lambung.

Karena asam lambung adalah bagian penting untuk memecah makanan di dalam perut. Maka saat Gerd kambuh jangan mengkonsumsi makanan dahulu. Air hangat juga dapat membantu rasa nyaman dalam perut.
 

3. Posisi badan tegap

Apabila asam lambung atau Gerd kambuh usahakan tetep tenang, rileks, dan atur posisi badan dengan tegap. Posisi seperti ini akan mengurangi tekanan pada sfingter esofagus sehingga asam lambung tidak akan naik.

Anda bisa melakukan dengan cara menaruh bantal untuk menyokong punggung dan leher agar tidak tegang.

4. Hindari obat pereda nyeri

Karena mengkonsumsi obat nyeri seperti Aspirin dapat membuat akan rentan mengalami iritasi, karena terpapar asam lambung terus menerus. Jika anda ingin mengkonsumsi obat nyeri untuk meredakan sakitnya lebih baik ikuti resep dokter agar tidak menjadi parah gejalanya.

5. Minum air madu

Mencampur satu gelas air hangat dengan satu sendok madu dapat meredakan gejala asam lambung atau Gerd. Karena madu berperan sebagai anti peradangan dan anti oksidan. Anti peradangan ini yang bekerja sebagaimana penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel pada pencernaan.

6. Longgarkan pakaian anda

Jika anda mengalami asam lambung naik secara tiba-tiba, longgar kan pakaian yang anda pakai. Karena pakaian yang ketat dapat memicu tekanan pada perut. Tekanan dalam perut inilah yang memicu mual, muntah, sampai sesak nafas.

Nah maka dari itu jika asam lambung anda naik longgarkan lah pakaian atau celana anda.

Nah lakukan cara- cara di atas jika asam lambung anda tiba- tiba naik. Dan pastikan jangan panik atur pernapasan secara perlahan. Apabila dengan cara tersebut tetap tidak membaik anda bisa berkonsultasi ke dokter.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut