get app
inews
Aa Read Next : Simak dan Ketahui Ini Bahaya Melakukan Olahraga di Siang Hari

Waspada Cuaca Panas Ekstrim, Ini 7 Tips Cegah Heat Stroke pada Anak

Sabtu, 06 Mei 2023 | 14:19 WIB
header img
Anak meminum air agar terhindar dari dehidrasi dan mencegah gejala Heat stroke. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Anak- anak pasti suka bermain bersama temannya di luar ruangan jika cuaca sedang cerah. Namun disaat cuaca panas seperti ini orang tua harus waspada dengan kondisi anak seperti Heat Stroke.

Belakangan ini beredar kabar bahwa anak balita berusia 19 bulan dan 11 di Malaysia meninggal karena terserang Heat Stroke, karena serangan panas yang melanda beberapa waktu lalu.

Heat stroke adalah kondisi berat yang dialami tubuh akibat cuaca panas dan tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan.

Dengan kondisi tersebut suhu badan dapat meningkatkan hingga 41 derajat celsius dalam waktu 10 sampai 15 menit, tubuh juga tidak dapat mengeluarkan keringat.

Nah agar anak anda terhindar dari gejala Heat stroke begini cara pencegahannya.

1. Jaga anak jangan sampai mengalami dehidrasi

Jika anak anda main keluar rumah bekali anak dengan sebotol air minum. Selalu ingatkan anak untuk meminum air putih agar asupan air putih tercukupi.

Pantau juga produksi urine pada anak anda. Jika anak anda tidak buang air kecil ada kemungkinan kecukupan air anak anda kurang.

2. Berikan pakaian anak yang tipis

Disaat cuaca panas seperti ini ada baiknya pakaikan anak pakaian yang tipis. Dan berikan anak pakaian yang mudah menyerap keringat.

Tidak hanya berbahan tipis pakaikan anak baju yang berwarna terang. Karena pakaian berwarna terang dapat memantulkan panas dari sinar matahari, sedangkan warna gelap bisa menyerap suhu panas.

3. Usahakan keluar rumah saat posisi panas matahari rendah

Ajaklah anak anda keluar rumah pada saat kondisi panas matahari rendah dan udara yang sejuk misalnya pada pagi hari atau sore hari.

Tengah hari sampai jam empat sore adalah waktu yang bahaya jika terpapar panas saat panas ekstrim. Pada waktu tersebut sebaiknya anda mengajak anak bermain di dalam ruangan atau ajak anak untuk beristirahat.

4. Sempatkan dan berikan waktu anak untuk istirahat

Kondisi cuaca panas memang bisa  melelehkan terutama bagi anak-anak. Sebaiknya ajak anak beristirahat saat cuaca panas, dari pada membiarkan anak bermain di luar rumah.

5. Bantu anak menyejukkan diri

Saat cuaca panas mandikan anak dengan air dingin, bisa juga menyemprotkan air dingin dengan menggunakan spray. Basuh kaki dan tangan anak dengan air dingin dan bisa juga seka kepala anak menggunakan handuk basah.

6. Jaga rumah agar tetap sejuk

Jika rumah tidak memiliki AC buka jendela anda untuk ventilasi udara, nyalakan kipas agar rumah tetap sejuk.

7. Pakaikan Suncreen

Suncreen atau tabir surya dapat melindungi kulit anak dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Tidak hanya itu saja, suncreen juga bisa membantu menghindari penyerapan suhu dari matahari.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut