get app
inews
Aa Read Next : Korupsi Dana Desa Rp360 Juta, Kades Sampang Agung Ditangkap saat Halal Bi Halal

Desa Wisata Kampung Majapahit, Rasakan Sensasi Menginap Seperti di Zaman Gajah Mada

Kamis, 08 Juni 2023 | 15:58 WIB
header img
Desa wisata unik Kampung Majapahit di Mojokerto sensasi menginap seperti pada zaman Gajah Mada. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

MOJOKERTO, iNewsNganjuk.id- Kemegahan candi Brahu yang sudah ada sejak masa Raja Brawijaya I dan merupakan candi tertua diantara candi-candi lain yang ada di Trowulan. Ada sebuah tempat yang dahulu merupakan ibuk kota kerajaan yang menguasai hampir seluruh Nusantara.

Lengkap dengan warisan situs sejarah yang menjadi destinasi wajib bagi yang ingin mencari jejak pada masa lampau. Hingga bukti asal usul kerajaan dan cerita dibaliknya.

Desa wisata unik ini yakni Desa Wisata Kampung Majapahit. Kampung ini berada di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Kampung Majapahit ini memiliki suasana yang sangat mirip sekali dengan kerajaan Majapahit pada zaman dahulu. Kerajaan yang menguasai hampir 2 per 3 wilayah dunia.

Bukan hanya kaya dengan situs Sejarah lihat dan rasakanlah bagaimana arsitektur rumah warga tidak hanya untuk tempat tinggal, namun juga sebagai sumber kehidupan.

Konsep Kampung Majapahit ini yakni untuk mengenal sejarah pada masa Majapahit. Para wisatawan dapat belajar seni budaya, sejarah, industri kreatif, juga dapat menikmati keindahan alam pada masa Majapahit.

Jejak Sejarah dan Budaya di Kampung ini diabadikan lewat goresan lembaran kain baik dengan corak khas Majapahit. Patung-patung dengan berbagai bahan dasar dan bentuk menambah khasanah kekayaan desa yang dapat dibawa pulang untuk oleh-oleh di rumah.

Di Kampung Majapahit ini ada sekitar 200 rumah dengan konsep pada zaman Majapahit. Dengan desain rumah lngsung merujuk pada naskah Negarakertagama, relief candi, artefak kuno. Disini dapat menikmati suasana alam seperti Kampung Gajah Mada.

Rumah di Kampung Majapahit juga disewakan ke pengunjung. Ada juga toko kelontong, toko produk kesenian, dan ada juga warung khas Majapahit.

Terdapat candi Brahu dan Maha Vihara Majapahit dengan Patung Budha Raksasa yang berada di sekitar Kampung Majapahit. Dengan berbagai paket wisata yang ditawarkan oleh pihak Kampung Majapahit, wisatawan akan disuguhkan dengan suasana pada masa zaman Majapahit.

Di Kampung ini anda dapat bermalam dan menikmati kuliner khas ayam kemaron, hingga berwisata ke candi dan petilasan Raja Majapahit pertama yakni Raden Wijaya.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut