get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Nganjuk Memimpin Serah Terima Jabatan Kabaglog, Kasat Bimas, dan Kapolsek Ngluyu

Candi Unik dan Bersejarah Berada di Atas Gunung Mojokerto, Tempat Pertapaan

Minggu, 06 Agustus 2023 | 17:55 WIB
header img
Candi Kama salah satu candi unik dan bersejarah terletak di atas gunung dan sebagai tempat pertapaan. Foto: iNewsNganjuk.id/ Meita

MOJOKERTO, iNewsNganjuk.id - Peninggalan bersejarah di Indonesia, khususnya peninggalan candi, menunjukkan kehidupan budaya yang luar biasa pada zaman dahulu.

Candi-candi yang dibuat oleh para leluhur menggambarkan betapa adi luhungnya budaya kita waktu itu dan kreativitas mereka, dengan segala keindahannya meskipun dibuat dari batu tanpa peralatan modern.

Contohnya, Candi Borobudur dan Candi Prambanan, merupakan contoh candi yang sangat indah dan megah, dengan tumpukan bebatuan yang mengesankan.

Di Indonesia, terdapat banyak candi dari berbagai ukuran yang tersebar terutama di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terdapat candi megah diatas gunung. Hal ini lah yang membuat unik candi di Mojokerto ini.

Salah satu temuan candi baru yang menarik adalah Candi Kama IV yang terletak di tebing Gunung Gajah Mungkur, yang dulunya termasuk dalam Pegunungan Penanggungan atau Pawitra.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut