get app
inews
Aa Read Next : 10 Tradisi Unik di Indonesia, Keajaiban Kebudayaan yang Menakjubkan

Kampung Unik di Wonogiri Rumahnya Menghadap ke Selatan, jika Dilanggar Tidak Selamat

Rabu, 21 Juni 2023 | 15:53 WIB
header img
Salah satu rumah menghadap ke Selatan dan membelakangi jalan. Kampung unik di Wonogiri yang rumahnya semua menghadap ke Selatan. Foto : iNewsNganjuk.id / ilustrasi

WONOGIRI, iNewsNganjuk.id - Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam keunikannya. Salah satu kampung unik di Indonesia yakni di Wonogiri, Jawa Tengah.

Kampung unik yang ada di Wonogiri ini terletak di Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro. Desa ini berada di Pegunungan khas yang dilalui jalan penghubung antara Pacitan dengan Yogyakarta. Desa ini terbagi menjadi 11 Dusun. 

Diantara 11 Dusun di Desa ini ada 2 dusun yang sangat unik. Dua dusun tersebut adalah dusun Genade wetan dan Dusun Genade Kulon. Dua Dusun ini tergolong unik karena semua rumah di Dusun ini menghadap ke Selatan, mungkin ini satu-satunya di Indonesia.

Penduduk dua Dusun ini kurang lebih sekitar 143 KK. Semua rumah mereka menghadap ke Selatan karena mereka percaya jika rumah menghadap Selatan akan mendapatkan kebaikan.

Keyakinan ini sudah ada sejak nenek moyang mereka dan sudah turun temurun. Awalnya warga di Dusun ini tidak boleh membangun rumah menghadap ke Utara karena terdapat tempat keramat di sisi Utara. 

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut