get app
inews
Aa Read Next : Satgas Pangan Polri Pastikan Stok dan Harga Bapokting di Jatim Aman Jelang Lebaran 

Pelajar SMAN dan SMKN di Jatim Borong Prestasi Tingkat Internasiona

Senin, 31 Juli 2023 | 02:30 WIB
header img
Tim pelajar SMKN 1 Jenangan Ponorogo meraih medali perak ajang WSA 2023 di Singapura. Foto: iNewNganjuk.id/Dok Dindik Jatim.

SURABAYA, iNewsNganjuk.id - Para pelajar dari sejumlah SMAN dan SMKN di Jawa Timur (Jatim), berhasil meraih prestasi tingkat internasional dalam waktu hampir bersamaan. 

Dalam rilis tertulis Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, yang diterima iNewsNganjuk.id Minggu (30/7/2023) disebutkan, torehan prestasi international tersebut antara lain diraih dalam ajang World Innovation Creativity Olympic (WICO) 2023 di Seoul, Korea Selatan, pada 27-29 Juli 2023.

Pada kompetisi tersebut, siswa SMAN 4  Surabaya berhasil meraih medali emas, sedangkan SMAN 10 Surabaya mendapatkan medali emas dan 1 medali perak. Lalu, siswa SMAN 5 Kota Malang juga meraih medali perak. 

Para pelajar Jatim ini berhasil menyingkirkan ribuan peserta dari 27 negara peserta WICO 2023. Seperti Korea Selatan, AS, Vietnam, Kamboja, Taiwan dan Kanada. 

Berikutnya, SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi juga berhasil menyabet juara 1 SKITE (drama komedi pendek) dalam Nairong International Students Conference (NISC) 2023, yang digelar di Thailand.

Prestasi lainnya juga datang dari ajang 13th World Skills ASEAN (WSA) 2023, yang digelar di Singapura pada 23-25 Juli 2023. Di mana, pelajar perwakilan Jatim, yakni dari SMKN 1 Jenangan, Kabupaten Ponorogo, berhasil meraih medali perak di bidang lomba Mechatronics. 

Terkait prestasi beruntun tersebut, Kepala Dindik Jatim Aries Agung Paewai mengucapkan terimakasih dan apresiasinya, atas kerja keras para siswa dalam mengangkat nama Indonesia dan Jatim, di ajang international.  

Aries juga mengapresiasi para guru dan kepala sekolah, yang telah membantu dan mendukung penuh para siswa. Yakni, dalam mengembangkan diri dan berani berkompetisi di ajang international.  

"Prestasi yang diukir pelajar SMAN dan SMKN Jawa Timur ini luar biasa. Anak-anak hebat. Mereka memanfaatkan peluang sebaik mungkin dalam mengukir prestasi. Tak terkecuali juga para guru yang tidak pernah lelah mebimbing dan membina siswa," ucap Aries bangga.

Menurut Aries, di era saat ini siswa perlu banyak bersaing adu inovasi di berbagai ajang. Selain untuk mengetahui kemampuannya, juga agar siswa lebih terbiasa dalam menyusun karya ilmiah yang identik dengan literatur. 

Terlebih lagi, pada Indonesia Emas mendatang, di tahun 2045, para siswa ini akan terlibat langsung dalam mewujudkan hal tersebut. 

"Karenanya adu inovasi, adu gagasan, dan perbanyak bacaan akan mempermudah siswa dalam mencari pengalaman juga pengetahuan yang lebih besar," pungkas pria yang kini juga menjabat Pj Walikota Batu tersebut.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut