get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Doa saat Cuaca Panas dan Matahari Terik Lengkap beserta Hadistnya

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 15:34 WIB
header img
Doa yang dapat dibaca saat cuaca panas. Foto : iNewsNganjuk.id / Ilustrasi.

NGANJUKiNewsNganjuk.id - Saat ini, berbagai wilayah di Indonesia sedang mengalami cuaca panas ekstrem dan musim kemarau yang panjang. Bagi umat Islam, ada doa yang bisa dibaca ketika cuaca panas seperti ini, sebagaimana yang pernah dibaca oleh Rasulullah SAW.

Cuaca panas ekstrem dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kelelahan tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk senantiasa berdoa, memohon perlindungan, dan bantuan dari Allah SWT saat cuaca panas melanda.

Umat Islam juga dianjurkan untuk memohon ampunan Allah dan memohon agar turun hujan sebagai berkat dan penyelamat di masa musim kemarau panjang.

Rasulullah SAW sendiri telah membaca beberapa doa saat menghadapi musim kemarau panjang dan cuaca panas yang mengakibatkan kekurangan pasokan air untuk seluruh makhluk hidup di bumi.

Doa saat cuaca panas adalah tindakan yang dianjurkan dalam agama Islam. Meskipun tidak ada hadis khusus yang menyebutkan doa saat cuaca panas, anda dapat melakukan doa umum untuk mencari perlindungan dan kenyamanan dari panas. 

Berikut ini doa yang dapat dibaca saat cuaca panas

Berikut ini adalah doa yang dikutip dari pembukaan khutbah Shalat Istisqa Rasulullah SAW,

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اَلْعَالَمِينَ, اَلرَّحْمَنِ اَلرَّحِيمِ, مَالِكِ يَوْمِ اَلدِّينِ, لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ يَفْعَلُ مَا يُرِيدُ, اَللَّهُمَّ أَنْتَ اَللَّهُ, لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ, أَنْتَ اَلْغَنِيُّ وَنَحْنُ اَلْفُقَرَاءُ, أَنْزِلْ عَلَيْنَا الْغَيْثَ, وَاجْعَلْ مَا أَنْزَلْتَ عَلَيْنَا قُوَّةً وَبَلَاغًا إِلَى حِينٍ

Arab Latin: Alhamdulillāhi rabbil ālamīn. Arrahmānir rahīm. Māliki yaumid dīn. Lā ilāha illallāhu yaf'alu mā yurīd. Allahumma antallāhu. Lā ilāha illā anta. Antal ghaniyyu wa nahnul fuqara`. Anzil 'alainal ghaitsa waj'al mā anzalta 'alainā quwwatan wa balaghan ilā hīn.

Artinya: "Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam, Maha Pemurah, Maha Penyayang. Yang menguasai hari Pembalasan. Tidak ada tuhan yang layak disembah kecuali Allah. Dia melakukan apa saja yang dikehendaki. Ya Allah, Kau adalah Allah. Tidak ada tuhan yang layak disembah kecuali Engkau. Kau Maha Kaya. Sementara kami membutuhkan-Mu. Maka turunkanlah hujan kepada kami. Jadikanlah apa yang telah Kauturunkan sebagai kekuatan dan bekal bagi kami sampai hari yang ditetapkan," ( HR Abu Dawud ).

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut