get app
inews
Aa Read Next : Hukum Berhubungan Suami Istri di Bulan Ramadhan, Pandangan Agama Islam pada Siang dan Malam

Niat Sholat Istisqa, Lengkap dalam Bahasa Arab dan Artinya 

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 10:08 WIB
header img
Niat sholat istisqa. Foto: iNewsNganjuk.id/Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, -Sholat Istisqa adalah sholat yang dilakukan oleh umat Islam secara berjamaah dengan tujuan meminta hujan kepada Allah SWT ketika negeri atau daerah mengalami kekeringan. Sholat ini adalah bentuk doa dan permohonan kepada Allah agar Dia memberikan hujan yang mencukupi untuk mengatasi kekeringan yang melanda. Berikut adalah niat sholat Istisqa beserta dalilnya:

Niat Sholat Istisqa:
نَوَيْتُ أَنْ أُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ شَدَادِ فَرْضَ اللَّهِ تَعَالَى عَنِ الْأَعْرَافِ شُكْرًا لِلَّهِ تَعَالَى عَلَى مَا أَنْزَلَ السَّمَاءَ مِنَ الْمَاءِ وَلِاسْتِسْقَاءِ رَحْمَتِهِ تَعَالَى وَبَلَاءِ عِبَادِهِ وَاسْتِنْجَابَةِ دَعْوَةِ الْمُسْلِمِينَ فَاللَّهُمَّ أَسْقِ عِبَادَكَ وَبَهَائِمَكَ وَأَرْضَكَ

Artinya

"Aku niat sholat dua rakaat, memperberat rukuk karena Allah Ta'ala dari tempat-tempat yang tinggi, sebagai bentuk syukur kepada Allah Ta'ala atas apa yang Dia turunkan dari langit berupa air, serta untuk meminta turunnya rahmat-Nya dan sebagai ujian bagi hamba-hamba-Nya. Ya Allah, berikanlah hujan kepada hamba-hamba-Mu, hewan ternak-Mu, dan bumi-Mu."

Dalil Sholat Istisqa

Dari Aisyah Radhiyallahu 'anha, ia berkata, "Jika Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam melihat mendung yang coklat (karena kering), maka wajahnya berubah dan serius. Aisyah berkata, 'Aku melihatnya tiba-tiba sebelum ia masuk ke rumah, maka hujan pun tidak akan turun. Dan aku melihatnya bermunajat di dalam rumah (menyendiri), maka hujanpun akan turun'." (HR. Bukhari no. 1013 dan Muslim no. 894).

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut