get app
inews
Aa Read Next : Doa untuk Meminta Kesembuhan, Mohon Pertolongan Pada yang Maha Kuasa

Memperoleh Berkah Malam Isra Miraj 2024, Doa, Amalan, dan Renungan Spiritual Umat Islam

Selasa, 30 Januari 2024 | 09:18 WIB
header img
Doa pada malam isra' dan mi'raj serta amalan yang dapat di lakukan untuk menambah pahala. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUKiNewsNganjuk.id - Tidak lama lagi, umat Islam akan merayakan peristiwa Isra Miraj yang akan terjadi pada tanggal 27 Rajab 1445 H atau Kamis, 8 Februari 2024. Isra Miraj adalah suatu kejadian penting dan bersejarah dalam kalender umat Islam.

Berdoa kepada Allah SWT sangat dianjurkan di bulan Rajab, yang dihormati dalam Islam karena peristiwa luar biasa, Isra dan Mi'raj. Meskipun para ulama ahli sejarah memiliki perbedaan pendapat tentang waktu terjadinya Isra Mi'raj, mayoritas cenderung mempercayai bahwa peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rajab, meskipun ada juga yang berpendapat terjadi pada bulan Rabiul Awal atau Rabiul Akhir. Namun, pendapat yang paling kuat menegaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rajab.

Sebagai umat Islam, cara terbaik untuk mengisi malam 27 Rajab adalah dengan intensifikasi ibadah kepada Allah dan membaca sejarah-sejarah tentang Nabi Muhammad untuk mendekatkan diri pada beliau.

Pada malam tersebut, salah satu praktik yang dianjurkan adalah berdoa kepada Allah swt. Syekh Muhammad bin Abdullah bin Hasan al-Halabi al-Qadiri telah menjelaskan dalam kitabnya bahwa doa tertentu yang disampaikan memiliki khasiat yang sangat luar biasa.

Berikut merupakan dia yang bisa di baca saat malam Isra' Mi'raj : 

 

 

 الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ أَنْ تَرْحَمَ قَلْبِيَ الْحَزِيْنَ وَتُجِيْبَ دَعْوَتِيْ يَا أَكْرَمَ الْأَكْرَمِيْنَ"

 

Artinya : 

 

Ya Allah, dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia orang-orang pecinta, dan dengan kemuliaan khalwat (menyendiri) yang hanya Kau khususkan pada pimpinan para rasul, ketika Engkau memperjuangkannya di malam 27 Rajab, sungguh aku mohon pada-Mu agar Kau merahmati hatiku yang sedih dan Kau mengabulkan doa-doaku, wahai Yang Maha Memiliki kedermawanan.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut