Usia 20 Tahunan yang Penuh Gejolak Tantangan, Ini Tips untuk Melewatinya

Sintya Gadis Sherly
Tips Melewati usia 20 tahunan yang penuh gejolak tantangan. Foto: iNewsNganjuk.id/Sherly.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Pada saat memasuki usia 20 tahunan biasa disebut sebagai masa transisi dari usia remaja ke usia dewasa. 

 

Pada usia tersebut banyak hal yang dialami dan bisa menimbulkan berbagai gejolak dalam pikiran ataupun hati. Sepanjang, rentang usia 20 tahunan, pasti kita mendapatkan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

 

Bersamaan dengan hal itu, ada juga tuntutan dari sekitar agar perkembangan kita berpengaruh ke hal baik, mulai dari karier, tanggungjawab pada keluarga, sampai kehidupan pribadi seperti percintaan.

 

Berikut ini tips agar bisa melewati usia 20 tahunan dengan baik.

 

1.Harus banyak bersabar

 

Pada saat menjalani usia 20 tahunan, kita harus menikmati prosesnya yang penuh dengan tantangan karena setiap apapun yang akan terjadi dapat mengasah kepribadianmu.

 

Sebab itu, kita perlu banyak bersabar karena tidak akan ada cara untuk mempercepat rentang waktu.

 

2.Mengikuti insting

 

Pasti setiap orang memiliki perasaan maupun insting sehingga dapat merasakan sesuatu. Secara umum saat kita berinteraksi dengan lingkungan luar, dapat dipastikan akan ada dampak eksternal yang bisa ditiru atau diserap.

 

Maka dari itu perlu mengikuti kata hati dengan cara memahami diri sendiri, untuk menjalani hidup yang selaras dengan emosi, kognisi, nilai dan keyakinan kita.

 

Bisa mengambil kesempatan yang baru datang padamu, ingat tapi jangan diambil semua agar tidak merasa kewalahan. 

 

Yang terakhir, tetapkan batasan kepada orang yang ada disekitarmu, mulai dari teman, pacar, hingga anggota keluarga, agar kamu bisa mengendalikan jalan hidupmu sendiri tanpa intervensi berlebihan dari orang-orang yang ada dikehidupanmu.

 

3.Bangun hubungan yang romantis

 

Coba membangun hubungan yang romantis seperti memiliki kekasih yang bisa mendukung dalam melewati masa muda usia 20 tahunan yang penuh dengan gejolak. Hal ini juga bisa melatih untuk belajar memahami dan berkompromi dengan orang lain.

 

Ada hal penting untuk mencari pasangan, carilah orang yang lebih pintar dari dirimu karena mereka akan mendorongmu untuk berfikir lebih kritis dan cara berkomunikasi yang baik. Serta jadilah pasangan yang baik dan penuh empati.

 

Nah, itulah tips untuk melewati masa usia 20 tahunan dengan baik, karena bagimana cara kita menyikapi tantangan dan gejolak yang ada, itulah kepribadian dan perilaku yang akan membentukmu pada masa mendatang.

Editor : Agus suprianto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network