3 Tanda-Tanda Sifat Posesif, Nomor Terakhir Keterlaluan Banget!

Sintya Gadis Sherly
Tanda-tanda sifat posesif. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Banyak orang pastinya ingin tahu tentang apa itu arti posesif, karena kata itu sering digunakan di kalangan anak remaja maupun dewasa yang sedang menjalin hubungan asmara.

Kata posesif biasanya diberikan pada seseorang yang memiliki kekuasaan untuk mengatur pasangannya. Posesif bisa diartikan sebagai sikap buruk karena dia bisa melakukan hal yang dia suka pada pasangannya.

Dalam sebuah kamus psikologi arti dari posesif adalah kecenderungan seseorang untuk mendominasi atau mengontrol orang lain.Dalam sebuah hubungan asmara mereka merasa bahwa memiliki pasangannya secara sepenuhnya hingga akhirnya bebas bebas saja mengontrol kehidupan pasangannya.

Sebenarnya, bebas saja mengatur dan mengontrol pasangannya sebagai bentuk kasih sayang dan kepedulian. Tetapi berbeda dengan posesif yang lebih cenderung ke sikap mengekang dan terlalu mengatur pasangannya.

Jika terlalu lama pasangan memiliki sifat posesif, akan berdampak pada hubungan yang tidak sehat. Contohnya pasangan akan sering berbohong, pasangan akan sering menghindar, hingga hubungan bisa saja berakhir.

Sesudah mengetahui apa arti dari posesif, ada juga tanda-tanda dari sifat posesif. Berikut tanda-tanda sifat posesif pada pasangan.

1.Cemburu berlebih

Sebenarnya cemburu dalam hubungan merupakan hal wajar karena sebagai bentuk kasih sayang. Tetapi lain halnya jika dengan orang posesif yang memiliki rasa cemburu berlebihan. Dapat dikatakan cemburu berlebihan karena lebih mengarah curiga ke pasangan. Contohnya jika pasangan menerima telefon dari rekan kerjanya, walaupun sebenarnya mereka tau alasannya tetapi tetap saja cemburu.

2.Manipulatif

Manipulatif juga terdapat pada diri orang yang posesif. Terkadang ketika mereka melakukan kesalahan, yang dilakukan adalah mereka akan mengungkit hal lain yang dapat menyudutkan pasangan, sehingga pasangan merasa bersalah. Dan hal itu akan terus-menerus terjadi.

3.Selalu ingin pasangan membalas pesan

Seseorang yang memiliki sifat posesif akan meminta pasangan selalu membalas pesannya. Bahkan jika tidak dibalas hanya berjarak satu menit saja mereka akan mengirim pesan hingga puluhan. Hal itu dapat memicu pertengkaran dalam hubungan.

Nah, itulah pengertian dan tanda-tanda dari sifat posesif, jadi jangan sampai pasangan kalian memiliki sifat seperti itu dan hati-hati dalam memilih pasangan karena bisa saja membuat kalian tidak nyaman.

Editor : Agus suprianto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network