Mitos dan Misteri Pesugihan Watu Gandul di Ngluyu Kabupaten Nganjuk

Meita Nila Sari
Watu gandul batu yang dikeramatkan di Nganjuk, miliki mitos sebagai tempat pesugihan. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Nganjuk bukan hanya terkenal dengan sebutan kota kemenangan. Selain itu Nganjuk juga terkenal dengan sebutan kota Angin. Selain itu Nganjuk juga terdapat kampung unik, wisata sejarah, tradisi unik, juga terdapat banyak misteri dan kisah mistis.

Salah satu tempat yang unik dan penuh misteri yakni berada Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk. Terdapat Batu Keramat yang berukuran cukup besar, batu tersebut  posisinya miring dan tidak roboh ataupun menggelinding yakni Watu Gandul.

Menurut dari cerita masyarakat sekitar Batu tersebut memiliki kekuatan magis yang cukup besar. Batu ini lebih tepatnya berada di hutan Ngluyu kawasan hutan perum perhutani, KPH Nganjuk. Posisi batu tersebut berada diatas tebing dan dibawahnya terdapat akses jalan untuk masuk ke Desa Ngluyu.

Jika kita ingin menuju ke lokasi batu ini harus memiliki keberanian yang tinggi. Karena untuk menuju ketempat ini harus melewati jalan setapak didalam hutan dan di pinggir lereng gunung. Watu Gandul ini berada di antara batu-batu besar lainnya. Konon batu ini dari letusan gunung pandan.

Jika dilihat dan munurut hukum alam dengan posisi batu yang berada di  ujung sudut lereng gunung dan miring condong ke bawah harusnya batu tersebut sudah menggelinding. Jika dilihat batu tersebut menggantung seolah terdapat tali yang tak kasat mata menali batu tersebut agar tidak jatuh.

Menurut cerita masyarakat watu gandul ini memang terdapat tali untuk menahan batu ini yakni berupa rantai gaib. Ada jin perempuan yang menunggu batu ini agar tidak jatuh. Jika batu ini jatuh ke tanah atau jalan raya Desa Ngluyu menjadi kota besar. Jika batu tersebut jatuh ke air maka Desa Ngluyu akan menjadi danau.

Warga sekitar takut jika mitos watu gandul ini benar-benar terjadi. Mereka merasa was-was jika batu besar itu jatuh karena batu kecil disekitarnya sudah ada yang jatuh ke jalan raya karena longsor.

Selain terdapat mitos penunggu jin perempuan terdapat juga ular gaib yang
sangat besar, juga ada sosok laki-laki tua bernama Mbah Joyo dan istrinya latifah. Jika melewati jalan raya di daerah watu gandul ini aura mistis sangat terasa dan di daerah sekitar sangat sunyi sepi.

Di sebelah watu gandul terdapat rumah kecil sebesar pos ronda dibelakannya ada sungai, menurut warga sekitar rumah tersebut adalah rumah juri kunci watu gandul. Namun rumah itu sering kosong.

Selain ditunggu oleh beberapa makhluk gaib, mitos yang beredar di masyarakat Watu Gandul juga tempat untuk mencari pesugihan. Banyak orang yang dari luar kota datang ketempat ini hanya untuk mencari pesugihan.

Mitos nya semua orang boleh mencari pesugihan di watu gandul ini. Namun semua orang yang berasal dari daerah Ngluyu pantang untuk melakukan hal ini. Jika hal ini dilanggar dan tetep melakukannya maka mereka akan terkena bencana.

Terlepas mitos ini benar apa tidak tergantung dengan orangnya masing-masing.

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network