Kapan Waktu Pelaksanaan Sholat Sunnah Qobliyah Subuh?

Meita Nila Sari
Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat Sunnah qobliyah subuh. Foto : iNewsNganjuk.id / ilustrasi.

Keistimewaan sholat sunnah dua rakaat sebelum subuh ini disebut dalam hadits yang berasal dari disebutkan juga dalam hadits lain jika sholat sunnah qobliyah subuh adalah sholat yang sangat diperhatikan oleh Nabi SAW.

وَعَنْهَا قَالَتْ: لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, عَلَى شَيْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أشَدَّ تَعَاهُدَاً مِنهُ عَلَى رَكْعَتَي الفَجْرِ. مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.

Artinya: "Dari Aisyah RA, ia menyatakan: Tidak ada shalat yang Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sangat perhatikan selain dua rakaat qobliyah Subuh" (HR Bukhari dan Muslim). Aisyah RA. Rasulullah SAW bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: "Dua rakaat fajar (sholat sunnah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya." (HR Muslim) 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk melaksanakan sholat sunnah qobliyah subuh pada waktu yang tepat, yaitu setelah sholat Isya hingga sebelum sholat subuh fardhu. Dengan melaksanakan ibadah ini secara konsisten, umat Islam dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengikuti teladan Rasulullah SAW, menghapus dosa, menyempurnakan sholat fardhu, dan mendapatkan pahala yang besar di akhirat. 

Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan dan keteguhan hati untuk menjalankan ibadah sunnah ini dengan penuh keikhlasan dan kecintaan kepada Allah SWT. Aamiin.

Editor : Meita Nila Sari

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network