Mengungkap 8 Efek Samping Konsumsi Bawang Putih Mentah yang Perlu Diketahui

Meita Nila Sari
Efek samping dari konsumsi bawang putih secara berlebihan. Foto : iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

4. Resiko Pendarahan 

Bawang putih dapat memiliki efek pengencer darah. Oleh karena itu, bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan pengencer darah atau memiliki masalah perdarahan, konsumsi bawang putih harus dikonsultasikan dengan profesional kesehatan.

5. Reaksi Alergi

Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi terhadap bawang putih mentah, seperti gatal, ruam kulit, atau bahkan sesak napas. Penting untuk menghentikan konsumsi segera jika gejala alergi muncul.

6. Interaksi Obat

Bawang putih mentah dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, terutama obat pengencer darah atau obat tekanan darah. Konsultasikan dengan dokter jika anda sedang mengonsumsi obat tertentu.

7. Gangguan pada Kinerja Ginjal

Konsumsi berlebihan bawang putih mentah dapat berisiko bagi individu dengan masalah ginjal, karena dapat meningkatkan beban kerja ginjal.

8. Efek pada Kehamilan dan Menyusui 

Bawang putih mentah sebaiknya dihindari oleh wanita hamil atau menyusui, karena belum cukup bukti ilmiah yang menunjukkan keamanan konsumsi dalam jumlah besar pada periode tersebut.

Penting untuk diingat bahwa reaksi terhadap bawang putih dapat bervariasi antarindividu. Sebelum mengubah pola makan atau mengonsumsi bawang putih dalam jumlah besar secara rutin, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan pribadi.

Editor : Meita Nila Sari

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network