get app
inews
Aa Read Next : Kasus Pembunuhan Pemuda Loceret yang Tewas Dibacok Masuk Tahap II, Kejari Nganjuk: Siap Disidangkan

Gelar Upacara Peringatan HUT Persaja ke-72, Kejari Nganjuk Ingatkan Pesan Jaksa Agung RI

Senin, 08 Mei 2023 | 14:49 WIB
header img
Kepala kejaksaan negeri Nganjuk Alamsyah saat memimpin upacara peringatan HUT ke 72 Persaja. Foto : iNewsNganjuk.id/Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Peringati HUT ke 72 Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja) Kejaksaan Negeri Nganjuk malaksanakan upacara, tasyakuran serta bakti sosial, Senin, (08/05/2023).

Adapun keputusan hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa HUT Persaja pada tanggal 06 Mei 1951. Numun, untuk peringatanya dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 08 Mei 2023. Dengan tema" Sinergi dan kolaborasi demi kemajuan negeri.

Bertugas sebagai inspektur upacara yakni kepala Kejaksaan Negeri Nganjuk Alamsyah.  Sebagai inspektur ucapara membacakan sambutan dari Jaksa Agung Republik Indonesia selaku pimpinan kejaksaan dan pelindung Persaja.

Dalam sambutannya Jaksa Agung RI memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada keluarga besar Persaja yang telah bekerja keras tanpa lelah penuh intergeritas dan berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara.

Persaja merupakan organisasi profesi dan menjadi wadah tempat berhimpunnya jaksa dalam memupuk jiwa korsa dengan semangat kebersamaan, kesatun dan persatuan, memperkuat kesetiakawanan, serta meningkatkan intergritas dan profesionalisme jaksa.

" Persaja ini sangat dibutuhkan dalam menopang pelaksanaan perannya sebagai jaksa maupun dalam kehidupan sehari-hari insan Adhiyaksa mampu menjadi teladan dan contoh yang baik," ucap Alamsyah yang membacakan sambutan Jaksa Agung RI

Jaksa Agung RI berharap eksistensi Persaja mampu menjadi fasilitator karena jaksa sebagai abdi hukum yang profesional, berintegritas, berkepribadian, disiplin, memiliki etos kerja tinggi, tanggung jawab, bermoral dan berhati nurani, sehingga dapat meminimalisir bentuk perbuatan tercela para jaksa.

" Menjadi rumah para jaksa, Persaja harus transparan dalam menyalurkan aspirasi para anggota. Diharapakan Persaja mampu mengaktualisasikan diri dengan memahami perkembangan global," tmbah Alamsyah.

Para Persaja harus tanggap dan mampu menyesuaikan diri dalam memelihara citra profesi dan kinerja para jaksa. Sehingga apa yang disuarakan dapat dirasakan manfaatnya secara utuh bagi anggota.

Dalam setiap melakukan tugas segala tantangan dan hambatan sudah dilewati bersama. Bukan untuk menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menyerah, namun semakin membentuk karakter jaksa menjadi lebih kuat.

Jaksa juga dituntut mampu mengatasi berbagai masalah lain, dan potensi masalah yang muncul selain tugas sehari-hari demi tegaknya supremasi hukum yang berkeadilan.

Jaksa Agung RI mengajak seluruh Jaksa senantiasa menjalankan tugas secara profesional dan menjunjung tinggi integritas dalam penegakan hukum. Pada saat ini eksistensi, peran dan fungsi penegakan  hukum yang dilakukan oleh kejaksaan menunjukkan nilai positif, terbukti dengan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kejaksaan.

Dalam sambutan terakhirnya Jaksa Agung RI mengingatkan seluruh pejabat Adhiyaksa sebagai petugas publik harus menunjukkan pengabdian kepada masyarakat dengan mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi.

" Mentaati sumpah jabatan, menjunjung tinggi doktrin Tri Karma Adhyaksa, membina hubungan kerjasama para pemangku kepentingan dan masyarakat dengan tetap menerapkan pola hidup sederhana," ungkapnya.

Jaksa Agung mengingatkan institusi kejaksaan bukan hanya terdiri dari jaksa saja melainkan ada unsur pegawai tata usaha yang mempunyai peran tidak kalah penting dalam proses penegakan hukum.

"Optimalkan kinerja tugas dan fungsinya, Jaksa harus mempunyai hubungan baik dengan sesama jaksa maupun tata usaha. Jadikan semua partner kerja dan kawan dalam melakukan tugas dan tanggung jawab bersama,"tutupnya.

Setelah melakukan upacara Kajari Nganjuk beserta jajarannya melakukan prosesi potong tumpeng. Sebagai acara tasyakuran peringatan HUT Persada ke 72 tahun.

Selanjutnya Kajari Nganjuk mengunjungi Pantai Asuhan Aiyiyah Nganjuk jln Veteran No 6 B, memberikan paket sembako kepada para santriwan dan santriwati yang ada di panti asuhan.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut