get app
inews
Aa Read Next : Polres Nganjuk Menggelar Lomba PKS Tingkat SMP/MTs Kabupaten Nganjuk 2024

Polres Nganjuk Gelar Apel Operasi Ketupat Semeru 2024 guna Amankan Arus Mudik dan Balik

Rabu, 03 April 2024 | 17:29 WIB
header img
Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad. Foto: iNewsNganjuk.id/Dok Polres.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Polres Nganjuk menggelar Apel Operasi Ketupat Semeru 2024 dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Apel tersebut digelar di halaman apel Mapolres Nganjuk pada Rabu (03/04/2024) dan dipimpin langsung oleh Kapolres Nganjuk, AKBP Muhammad.

Acara tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), Wakapolres, Pejabat Utama (PJU), serta Kapolsek jajaran Polres Nganjuk. Turut serta juga 200 personel gabungan dari Polres Nganjuk, TNI, Sub Den Pom 0810/Nganjuk, Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk, Satpol PP, Linmas, PMK, PMI, Pramuka, dan satuan kerja terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang menekankan pentingnya operasi ini sebagai bentuk komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam menjaga keamanan selama arus mudik dan perayaan Idul Fitri.

Menurut survei Kementerian Perhubungan RI tahun 2024, terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang, meningkat 56,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Dalam konteks ini, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya persiapan yang matang untuk menghadapi arus mudik yang diperkirakan sangat besar.

Untuk menjawab tantangan tersebut, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi ‘Ketupat 2024’, melibatkan 155.165 personel selama 13 hari dari tanggal 4 hingga 16 April 2024.

Setelah apel, Kapolres Nganjuk menyatakan bahwa Polres Nganjuk telah menyiapkan 8 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan, serta 672 personel dari berbagai instansi untuk menjaga keamanan selama operasi. Pos-pos tersebut mencakup berbagai lokasi strategis seperti terminal, jalan-jalan utama, dan daerah rawan kecelakaan.

"Personel dan kendaraan serta alat pendukung Operasi Ketupat Semeru 2024 sudah siap digunakan, dan petugas siap menempati posnya mulai nanti malam," kata AKBP Muhammad.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut