6 Tradisi Masyarakat Jawa Timur Sambut Ramadhan, Mulai Magengan hingga Nyadran

Meita Nila Sari
Nyadran merupakan trs masyarakat Nganjuk yang masih lestari hingga saat ini,bisanya di gelar sebelum menyambut bulan Ramadhan. Foto: iNewsNganjuk.id/ Meita

5. Nyadran di Nganjuk

Nyadran merupakan tradisi yang digelar masyarakat Nganjuk, sebagai rasa syukur atas melimpahnya hasil bumi. Kegiatan seperti ini sekaligus untuk menolak segala musibah atau bencana.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan masyarakat dengan berbagai atribut khas Jawa, dengan diikuti berbagai atraksi kesenian seperti tari Mongde.

6. Gerebek Apem 

Dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan Pemerintah Kabupaten Jombang  mengadakan tradisi gerebek apem. Melalui grebek apem para umat Islam bersyukur karena diberi kesempatan menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan.

Beberapa gunungan raksasa yang berisi ribuan apem diarak dari GOR menuju bundaran Ringin Contong, Jombang. Kemudian apem - apem tersebut menjadi rebutan masyarakat yang menyaksikan acara tersebut. 

Nah itulah tradisi masyarakat Jawa Timur menyambut datangnya bulan Ramadhan. Dan tradisi-tradisi tersebut hingga sekarang masih lestari.

Editor : Meita Nila Sari

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network