Mandi Wajib Setelah Subuh, Apakah Sah Puasanya ?

Meita Nila Sari
Seorang wanita melakukan mandi wajib untuk mensucikan diri dari hadas besar sebelum puasa Ramadhan. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Mandi Wajib merupakan salah satu yang wajib dilaksanakan sebelum puasa Ramadhan. Selain wanita setelah haid, mandi wajib juga dilakukan setelah melakukan hubungan intim dengan suami istri, karena hubungan intim merupakan hadas besar.

Istilah lain mandi wajib yakni Janabah. Mandi wajib didefinisikan sebagai menggunakan air yang suci untuk mensucikan diri dengan tata cara dan rukun-rukunnya.

Bagi mereka yang sedang dalam kondisi Janabah hukumnya wajib mandi terlebih dahulu agar suci dari hadas besar sehingga bisa melakukan ibadah sholat, membaca Alquran dan puasa Ramadhan.

Lalu bagaimanakah hukumnya jika sudah masuk subuh namun kita belum mandi wajib?

Beberapa orang mungkin malas untuk melakukan mandi wajib setelah melakukan hubungan intim dengan suami, dengan berbagai alasan karena dingin ataupun sebab lainnya. Padahal setelah subuh kita harus melanjutkan puasa.

Karena sebagian orang tidak tau tentang hal ini, maka mereka lebih memilih tidak berpuasa pada hari itu karena belum melakukan mandi wajib. Parahnya lagi ada yang tidur sampai pagi dan melalaikan kewajibannya untuk sholat subuh.

Padahal belum melakukan mandi wajib sampai subuh tidak menjadikan alasan seseorang tidak berpuasa. Karena menunda mandi wajib atau mandi junub hingga terbit fajar tidak mempengaruhi sah ataupun tidak sahnya puasa.

Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan Aisyah dan Ummu " Nabi Muhammad SAW pernah memasuki subuh dalam keadaan berjima'. Kemudian setelah waktu subuh beliau mandi dan puasa. HR Bukhari dan Muslim.

Salah satu bukti bahwa hadas besar bukan syarat sahnya puasa yakni jika seseorang mimpi basah pada siang hari saat bulan Ramadhan. Maka puasanya tidak batal walaupun tidak lngsung mandi wajib, namun harus mandi wajib apabila akan melaksanakan sholat.

Yang membatalkan puasa jika dengan sengaja melakukan hal-hal yang membuat berhadas besar sehingga puasanya batal. Seperti berhubungan suami istri pada siang hari.

Jadi mandi wajib bisa dilakukan pada saat subuh dan puasa akan tetap sah. Harus melakukan mandi wajib apabila akan melakukan sholat subuh.

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network