Makam Keramat Ki Ageng Keniten Desa Karangsemi, Senopati Sakti dari Mataram

Meita Nila Sari
Makam Ki Ageng Keniten makam Senopati Sakti dari Mataram yang dikeramatkan oleh masyarakat Nganjuk. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

Sebelum meninggal Ki Ageng Keniten bercerita tentang jatidirinya yakni seorang Senopati. Dia merasa kecewa karena prajurit Mataram bertempur secara keroyokan. Ki Ageng Keniten berpesan kepada para pengikutnya jika kesatria berperang jangan keroyokan itu seperti kera.

Pada saat Ki Ageng Keniten meninggal para pengikutnya kebingungan bagaimana cara memakamkan di sisi Utara, pada akhirnya Ki Ageng Keninten di makamkan di selatan sungai di dekat batu karang dan dibawah pohon.

Pada saat itu turunlah hujan lebat dan secara tiba-tiba makam Ki Ageng Keniten berada di sisi Utara sungai di dekat batu karang di bawah pohon menjorok ( mangklung). Sehingga makam tersebut dinamai makam Mbah Karang Mangklo.

Di makam Ki Ageng Keniten ini kerap muncul gerombolan kera. Mitos yang beredar di masyarakat para pengunjung tidak boleh mengganggu kera-kera tersebut. Konon jika ada pengunjung yang mengganggu kera tersebut akan tertimpa kesialan.

Kera yang ada di makam keramat ini tidak muncul setiap hari. Konon jika ada yang dapat menjumpai kera tersebut maka orang tersebut mendapat keberkahan rejeki. Gerombolan kera tersebut mitosnya adalah prajurit Kerajaan Mataram yang dikutuk oleh Ki Ageng Keniten.

Sebagai rasa syukur dan shodaqoh warga masyarakat setiap malam Jumat pahing memberikan penghormatan pada Ki Ageng Keninten dengan membawa tumpeng. Selain itu warisan leluhur yang masih dilakukan warga karangsemi yakni Ritual Agung yang dilakukan setiap satu tahun sekali yang di kenal dengan bersih desa atau Nyadran.

Editor : Meita Nila Sari

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network