Makam Keramat Ki Ageng Keniten Desa Karangsemi, Senopati Sakti dari Mataram

Meita Nila Sari
Makam Ki Ageng Keniten makam Senopati Sakti dari Mataram yang dikeramatkan oleh masyarakat Nganjuk. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Desa Karangsemi, Kecamatan Gondang Nganjuk terdapat makam yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Makam ini terletak kurang lebih 500 dari jembatan karangsemi yang dianggap angker.

Makam keramat ini dipercaya oleh masyarakat setempat yakni merupakan makam Ki Ageng Keniten. Merupakan tokoh dari kerajaan kecil di bawah kekuasaan kerajaan Mataram. Kerajaan tersebut yakni Pujon Manis.

Ki Ageng Keniten merupakan Senopati perang pada zaman kerajaan Mataram. Mendapatkan tugas untuk mengamankan Mataram di wilayah Timur. Di wilayah Timur pada saat itu banyak para perusuh yang meresahkan penduduk, seperti pencurian, perampokkan, perampasan serta menyebarnya wabah penyakit yang menular.

Dalam tugasnya tersebut Ki Ageng Keniten merasa kebingungan dan berhenti disuatu tempat untuk berdoa di bawah pohon Manisah. Kini tempat tersebut diberi nama Desa Pujon Manis. Ki Ageng Keniten merupakan orang yang cerdik, dengan kecerdikannya menyamar sebagai rakyat jelata. Selain itu juga mempunyai keahlian untuk menyembuhkan orang sakit.

Konon Ki Ageng Keniten merupakan orang yang sakti mandraguna, namun pada saat itu Ki Ageng Keninten berhasil dikalahkan oleh Kerajaan Mataram. Putri Raja Mataram menyamar sebagai penjual jamu untuk mengetahui kelemahan Ki Ageng Keniten. Putri Raja Mataram mengetahui jika kelemahan Ki Ageng Keniten di tenggorokannya.

Editor : Meita Nila Sari

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network