Catat! Ini 8 Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan, Waspadai juga Efek Samping yang Timbul

Meita Nila Sari
Manfaat bunga sepatu untuk kesehatan namun juga waspadai efek yang timbul dari konsumsi bunga sepatu. Foto : iNewsNganjuk.id / Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Bunga sepatu, yang memiliki nama latin Hibiscus sabdariffa, adalah tanaman semak yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini memiliki bunga besar dengan warna yang indah, mulai dari merah, oranye, kuning, hingga ungu, dengan daun berwarna hijau gelap berbentuk bulat telur. Bunga sepatu telah lama dikonsumsi dan dimanfaatkan dalam berbagai bidang.

Salah satu manfaat utama bunga sepatu adalah dalam industri makanan dan minuman. Bunga sepatu sering digunakan untuk membuat teh dan minuman lainnya, serta menjadi bahan dalam produk suplemen herbal. Bunga sepatu juga digunakan sebagai pewarna makanan dan dapat diolah menjadi bubur, jus, atau kaldu.

Nah berikut manfaat Bunga Sepatu untuk kesehatan:

1. Antiinflamasi

Bunga sepatu mengandung senyawa aktif dengan sifat anti-inflamasi, membantu meredakan gejala peradangan seperti sakit kepala, sakit gigi, dan artritis. Senyawa ini juga mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan seperti vitamin C dan E dalam bunga sepatu membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Hal ini juga  dapat membantu kulit tetap lembut, halus dan tetap terlihat muda.

Editor : Meita Nila Sari

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network