Keutamaan Surat Al Mulk Sebelum Tidur

Sintya Gadis Sherly/net_Nganjuk
Keutamaan membaca surat Al Mulk sebelum tidur. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, -Keutamaan membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur memiliki dasar dari beberapa hadis yang disampaikan oleh Nabi Muhammad . Beberapa keutamaan tersebut antara lain:

1. Perlindungan dari Siksa Kubur

Rasulullah menyebutkan bahwa Surat Al Mulk dapat menjadi perlindungan bagi pembacanya dari siksa kubur. Membaca surat ini sebelum tidur diharapkan membawa manfaat dalam kehidupan akhirat.

2. Interaksi dengan Malaikat Penjaga Neraka

Hadis juga menyebutkan bahwa saat seseorang membaca Surat Al Mulk sebelum tidur, malaikat penjaga neraka memberikan laporan tentang orang tersebut kepada Allah. Jika Allah menghendaki rahmat-Nya, maka orang tersebut akan mendapatkan perlindungan dari neraka.

3. Perisai dari Azab Neraka

Surat Al Mulk dianggap sebagai perisai atau tameng dari azab neraka. Membaca surat ini secara rutin diharapkan dapat memberikan perlindungan dan keamanan dari siksaan api neraka.

4. Memudahkan Pertanyaan Munkar dan Nakir

Keutamaan lainnya adalah bahwa Surat Al Mulk dapat memudahkan seseorang dalam menjawab pertanyaan Munkar dan Nakir, dua malaikat yang ditugaskan untuk menginterogasi setiap individu di dalam kubur.

5. Mendatangkan Rahmat Allah

Membaca Surat Al Mulk juga dihubungkan dengan mendatangkan rahmat Allah. Ayat-ayat dalam surat ini menunjukkan kebesaran dan kekuasaan Allah, serta pengelolaan-Nya terhadap segala sesuatu, yang dapat menumbuhkan rasa takut dan penghormatan kepada-Nya.

6. Pelajaran tentang Alam Akhirat

Surat Al Mulk mengandung ayat-ayat yang merenungkan kebesaran ciptaan Allah dan memberikan pelajaran tentang akhirat. Membacanya sebelum tidur dapat menjadi waktu refleksi dan pengingat akan kebesaran Tuhan.

Dengan membaca Surat Al Mulk sebelum tidur, umat Islam diharapkan mendapatkan keberkahan, perlindungan, serta petunjuk dari Allah dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Editor : Agus suprianto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network