Protes Petani Nganjuk,Tuntutan Pembatalan Penurunan Subsidi Pupuk dan Penindakan Korupsi APBdes

Meita Nila Sari
Petani Nganjuk yang melakukan aksi tuntutan pembatalan penurunan subsidi pupuk dan dugaan korupsi pupuk. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

" Sedangkan untuk APBDes belum selesai dinyatakan selesai agar cair. Kami akan terus menerus melakukan aksi, jika Pemerintah pusat dan Daerah tetap bersikeras kami akan jarah gudang pupuk," tutup Suryadi. 

Yudy Ernanto asisten perekonomian dan pembangunan mengungkapkan jika para petani dari Desa Ngepung memberikan informasi yang menjadi masukan dari Pemerintah Kabupaten. Pupuk bersubsidi untuk alokasi, kuota dan sebagainya Pemerintah berhak untuk mengusulkan.

" Kami dari kementrian pertanian mengalokasikan untuk provinsi dari provinsi dialokasikan ke masing-masing Kabupaten. Tindak lanjut dari permasalahan ini yakni kita akan rinci sesuai dengan proporsi dari Provinsi," ungkap Yudy.

Yudy Ernanto menambahkan ada 4 Jenis pupuk yang ada, itu masih wacana dari pusat tidak mungkin pemerintah daerah kalau dari pusat 4 terus kita bagikan 2. harapannya memang kita akan penuhi semuanya. 

" Upaya dari Pemerintah terkait pupuk yang alokasinya mau dikurangi subsidinya 
memang alokasi dari pusat sudah berkurang sehingga pemerintah kabupaten itu setiap tahun dengan menyikapi ini sudah bersurat langsung ke Provinsi maupun ke pusat terkait dengan alokasi karena Pemerintah Kabupaten Nganjuk menyadari kita adalah pusat lumbung pangan kenapa dorongan untuk fasilitas pupuk bersubsidi masih berat," ungkap Yudy.

Pengalaman 2023 ternyata senasional tidak ada realokasi tahun 2024 sudah disampaikan oleh pak Kadis alokasi seperti ini sudah konsul ke provinsi maupun ke pusat terkait alokasi pupuk bersubsidi. 

Editor : Meita Nila Sari

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network