7 Tradisi dan Perayaan Isra' Mi'raj, Kekayaan Budaya dan Spiritualitas Umat Muslim di Indonesia

Meita Nila Sari
Tradisi Rejeban Peksi Buraq salah satu tradisi perayaan isra' mi'raj di Indonesia. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

4. Perayaan Isra' Mi'raj di Karo, Sumatera Utara 

Di Karo, masyarakat merayakan Isra’ Mi’raj melalui tradisi yang dikenal sebagai Kerja Tahun. Tradisi ini dapat dianggap sebagai pesta panen yang diadakan oleh warga desa sebagai ungkapan syukur atas anugerah Tuhan. Pelaksanaan Kerja Tahun berbeda-beda setiap desa, tergantung pada kebijakan masing-masing. Beberapa desa merayakan Kerja Tahun menjelang peristiwa Isra Miraj.

5. Nyadran Desa di Siwarak, Jawa Tengah 

Tradisi Nyadran Desa di Siwarak, Kecamatan Gunungpati, Jawa Tengah, merupakan momen yang tidak boleh terlewatkan bagi yang berada di daerah tersebut. Masyarakat setempat akan menggelar kirab budaya dengan mengarak replika hewan dan hasil bumi yang disertai oleh musik khas daerah. Pada sesi penutupan, mereka akan menampilkan berbagai atraksi menarik, termasuk pertunjukan pencak silat, tarian, dan pementasan cerita asal mula Siwarak.

6. Tradisi Ambengan, Tersebar di sebagian besar Wilayah Jawa 

Tradisi ini nampaknya telah menjadi bagian yang akrab di Indonesia, terutama di daerah Pulau Jawa. Walaupun dikenal dengan nama yang berbeda-beda, inti dari ambengan adalah makan bersama masyarakat.

Partisipan membawa makanan ke masjid sebelum pelaksanaan salat Magrib. Setelah salat berjamaah dan pengajian, makanan tersebut akan didistribusikan untuk acara makan bersama atau dapat dibawa pulang.

7. Khatam Kitab Arjo, Temanggung Jawa Tengah 

Tradisi ini diterapkan oleh warga Desa Wonoboyo, Temanggung, Jawa Tengah, yang melibatkan kegiatan membaca Kitab Arjo dari awal hingga akhir, atau disebut juga khatam. Proses pembacaan kitab biasanya dimulai dengan tahlil.

Kitab Arjo merupakan sebuah karya berbahasa Jawa dengan penulisan Arab Pegon, yang diciptakan oleh KH Ahmad Rifai al-Jawi. Kitab ini berisi cerita lengkap tentang perjalanan Isra Miraj Rasulullah.

Dengan beragamnya tradisi dan perayaan Isra' Mi'raj di berbagai daerah Indonesia, tergambarlah kekayaan budaya dan spiritualitas umat Muslim. Semoga keberagaman ini tetap menjadi sumber keharmonisan dan kedamaian dalam menjalani perjalanan hidup. Selamat merayakan momen bersejarah Isra' Mi'raj!

 

Editor : Meita Nila Sari

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network