Menjelang Karnaval, Perajin Kostum di Jombang Kebanjiran Permintaan

Sintya Gadis Sherly
perajin kostum karnaval di Jombang. Foto: iNewsNganjuk.id/Sherly.

JOMBANG, iNewsNganjuk.id,– Menjelang musim karnaval, perajin kostum di Jombang mengalami lonjakan pesanan yang signifikan. Samiaji (47), seorang perajin kostum asal Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, mengaku kebanjiran orderan baik dari daerah Jombang maupun dari luar pulau seperti Kalimantan untuk kostum karnaval buatannya. 

Pantauan di lokasi pembuatan kostum karnaval menunjukkan Samiaji tengah sibuk membuat pola untuk kostum karnaval. Dengan keterampilannya, kostum-kostum buatannya banyak diminati pelanggan dan dipasarkan melalui media sosial, Selasa (23/7/2024).

Ketika ditemui, Samiaji menjelaskan bahwa pembuatan kostum karnaval sebenarnya tidak sulit, tetapi memerlukan ketelatenan dan kesabaran. Proses pembuatan mulai dari pengecatan hingga pemotongan dan penyelesaian akhir dikerjakan sendiri oleh Samiaji.

"Membuat kostum karnaval ini, semakin rumit polanya, semakin mahal biayanya. Harga tergantung dari tingkat kesulitan pola yang dipesan," jelasnya.

Samiaji juga mengungkapkan bahwa pemesan kostum karnaval sebaiknya memesan jauh-jauh hari sebelum hari H, terutama untuk acara besar seperti peringatan Agustusan, agar hasilnya lebih maksimal.

"Untuk pesanan lokal dari Jombang dan sekitarnya, biasanya pengerjaan memakan waktu sekitar satu minggu hingga satu bulan, tergantung tingkat kesulitan. Sedangkan untuk pesanan online dari luar pulau seperti Kalimantan, waktu pengerjaannya juga bervariasi," ungkapnya.

Samiaji menambahkan bahwa harga kostum karnaval sangat bergantung pada pemesanan, dan biasanya pelanggan melakukan pemesanan jauh-jauh hari untuk memastikan ketersediaan.

"Banyak pesanan, alhamdulillah. Semoga menjelang akhir bulan ini semakin banyak pesanan yang datang untuk pembuatan kostum karnaval," pungkasnya.

Editor : Agus suprianto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network